Selasa, 24 Mei 2022

Jaksa Walk Out, Hakim Lanjutkan Sidang Meski Nurkholis Tak Hadir

Jumat, 19 November 2021 | 21:11:41 WIB


Sidang gugatan praperadilan ketua KPU Tanjabtim terhadap Kejari Tanjabtim digelar di Pengadilan Negeri Muarasabak, Jumat (19/11)
Sidang gugatan praperadilan ketua KPU Tanjabtim terhadap Kejari Tanjabtim digelar di Pengadilan Negeri Muarasabak, Jumat (19/11) / Metrojambi.com

 MUARASABAK - Sidang gugatan Praperadilan Nurkholis, ketua KPU Tanjabtim, diwarnai aksi walk out pihak Kejari Tanjabtim selaku pihak termohon.

Kejari Tanjabtim keberatan sidang dilanjutkan hakim meski Nurkholis selaku pihak pemohon tak hadir di ruang persidangan.

Seperti diketahui, Nurkholis telah ditetapkan tersangka dalam kasus dana hibah Pilkada Tanjabtim. Dan telah ditetapkan sebagai DPO (Daftar Pencarian Orang) karena beberapa kali mangkir dalam pemeriksaan.

Sidang yang dipimpin Hakim Ketua Esa Pratama Putra Daeli SH di Pengadilan Negeri Tanjabtim Jum'at (19/11) digelar sesuai agenda sebelumnya.

Hakim melalui kuasa hukum, meminta Nurkholis selaku pemohon harus dihadirkan.

Karena pemohon tidak hadir, hakim kembali memberikan satu kesempatan untuk pemohon hadir pada Senin (22/11) mendatang. Proses sidang pun terus dilanjutkan. 

Mendengar keputusan hakim, pihak Kejari selaku termohon langsung keberatan. Mereka meminta sidang dilanjutkan dengan putusan dan proses sidang tidak dilanjutkan. Karena permintaannya tak diterima hakim, mereka walk out dari ruang sidang.

Usai keluar dari ruang sidang Kasi Intel Kejari Tanjabtim Arsyad mengatakan, selaku termohon pihaknya keberatan. Karena sebelumnya agenda sidang hakim meminta pemohon hadir.

"Ternyata kendati pemohon tidak bisa hadir, sidang tetap dilanjutkan. Kami keberatan, makanya kami walk out," ujarnya.

Sementara itu, pantauan metrojambi di ruang sidang, meski termohon walk out, pelaksanaan sidang praperadilan Nurkholis tetap dilanjutkan dengan menghadirkan saksi-saksi dari pihak Pemohon.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments