Kamis, 8 Desember 2022

TNI di Jambi Jemput Bola Bawa Warga ke Gerai Vaksinasi

Sabtu, 20 November 2021 | 10:25:04 WIB


Kendaraan milik TNI yang digunakan untuk menjemput warga yang akan divaksin di gerai milik TNI terdekat
Kendaraan milik TNI yang digunakan untuk menjemput warga yang akan divaksin di gerai milik TNI terdekat / ANTARA/HO

JAMBI - Koramil 415-09/Telanaipura, Kota Jambi memberlakukan sistem jemput bola dengan membawa warga yang belum vaksin untuk mengikuti vaksinasi di gerai terdekat menggunakan kendaraan TNI demi percepatan vaksinasi Covid-19 di kota tersebut.

"Upaya tersebut terus dilakukan dalam upaya menekan terjadinya gelombang ketiga Covid-19, sekaligus mempercepat kekebalan komunal, khususnya warga Kota Jambi," kata Danramil 415-09/Telanaipura Mayor Inf Widi Purwoko, Sabtu (20/11).

Percepatan program vaksinasi dengan berbagai inovasi harus secara masif dilakukan guna mempercepat tercapainya target vaksinasi secara nasional. Program jemput bola merupakan salah satu program yang diterapkan oleh Babinsa sebagai ujung tombak pelaksana Koramil.

Mayor Widi mengatakan dengan pola mendatangi dan menjemput warga yang belum divaksin. Kecakapan dan inovasi harus dimiliki oleh seorang Babinsa, sehingga tidak ada lagi warga yang belum divaksin beralasan dengan berbagai hal.

Menurut Danramil, penerapan program jemput bola dapat sukses terselenggara jika ada komitmen dan kerja sama dari semua pihak, terutama dengan komunitas dan pemangku kepentingan, dan berharap agar vaksinasi dapat dilakukan secara konsisten dan simultan.

"Jika perlu kunjungi dan lakukan komunikasi serta kerja sama per komunitas, lembaga pendidikan dan kelompok lainnya," kata Mayor Widi.

Situasi sedikit berbeda dari kegiatan vaksinasi sebelumnya, gerai vaksinasi Koramil Telanaipura di kantor Lurah Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo, Jumat (19/11), menjadi ramai peminat setelah diterapkannya program jemput bola.

Danramil meyakini bahwa vaksinasi menjadi kunci dalam penanganan pandemi Covid-19. Vaksinasi dapat mencegah pasien Covid-19 mengalami gejala berat dan sebagai upaya untuk menekan tingkat kematian. Oleh karena itu, pemberian vaksin secara menyeluruh bagi masyarakat perlu dilakukan, kecuali bagi yang memiliki komorbid.

Sementara itu, Kepolisian sektor (Polsek) Sungai Bahar juga melakukan vaksinasi Covid-19 secara keliling dari rumah ke rumah dengan berjalan kaki, mengunjungi setiap rumah warga yang belum menerima suntikan vaksin.

Kapolsek Sungai Bahar Iptu Ari Oktavianus Ginting melalui keterangan resminya menyatakan pihaknya selalu melakukan koordinasi yang baik untuk meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam menyukseskan vaksinasi secara keseluruhan di Kecamatan Sungai Bahar, khususnya Desa Bukit Mas.

Vaksinasi Covid-19 keliling dari rumah ke rumah tersebut dilakukan di Desa Bukit Mas Unit 18, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muarojambi. Kapolsek melakukan vaksinasi keliling bersama tim vaksinator dari Puskesmas PKM 1 Sungai Bahar.

"Upaya ini untuk percepatan, sehingga kita laksanakan vaksinasi keliling dari rumah ke rumah warga," ucap Kapolsek.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments