Kamis, 8 Desember 2022

Pemkab Sarolangun Kejar Target Pengesahan APBD 2022

Minggu, 21 November 2021 | 21:12:05 WIB


Endang Abdul Naser
Endang Abdul Naser / dokumentasi - Metrojambi.com

SAROLANGUN - Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun tahun 2022 menunggu pembahasan di legislatif. Pemkab Sarolangun sendiri terus berusaha mengejar target pengesahan APBD tahun 2022 tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun, Endang Abdul Naser mengatakan, baru-baru ini pihaknya telah melayangkan surat RAPBD tahun 2022 kepada DPRD setempat.

“RAPBD sudah kita sampaikan melalui surat resmi pak Bupati. Kita masih hasil dari Banmus dewan. Kalau Banmus ngajak paripurnanya Senin, berarti hari Senin kita tunggu,” kata Endang, Minggu (21/11).

Menurut Endang, beberapa waktu lalu eksekutif bersama legislatif telah menyepakati Rancangan Kebijakan Umum Anggaran(R-KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) APBD tahun 2022.

“Memang butuh waktu untuk jilid berkas setebal itu dan memperbanyaknya. Kami sudah sampaikan pada tanggal 18 kemarin untuk rancangannya,” jelasnya.

Endang menjelaskan, dalam pengesahan APBD tahun 2022 itu terdapat empat tahapan lagi menuju pengesahan. Diantaranya, penyampaian rancangan, tanggapan fraksi lalu tanggapan eksekutif baru kemudian pengesahan.

“Insya Allah terkejar, kita harapkan tanggal 30 November ketok palu, karena itu batas akhir yang diamanatkan undang-undang," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Sarolangun Tantowi Jauhari mengaku pihaknya telah beberapa kali melayangkan surat kepada pihak eksekutif untuk mempercepat penyerahan rancangan APBD tahun 2022 itu.

“Kita juga memaklumi pemerintah daerah juga maunya cepat, tapi karena kondisi kita dimana ada Covid dan anggaran yang belum jelas dari pusat. Ini yang harus kita kejar semua,” katanya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments