Rabu, 28 September 2022

Anggaran Seluruh OPD Pemkab Sarolangun Turun 30 Persen

Selasa, 23 November 2021 | 08:08:56 WIB


Bupati Sarolangun Cek Endra
Bupati Sarolangun Cek Endra / Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Bupati Sarolangun Cek Endra memaparkan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2022 dalam paripurna yang digelar DPRD setempat.

Usai penyampaian, selanjutnya RAPBD ini akan dibahas langsung oleh DPRD Sarolangun mengenai program-program yang menjadi prioritas.

"Waktu yang bersisa menjelang akhir bulan ini tinggal delapan hari, tapi masih cukup waktu," ujar Cek Endra didampingi Sekretaris Daerah Endang Abdul Naser, Senin (22/11).

Dijelaskannya, molornya pengajuan pembahasan APBD 2022 itu dikarenakan adanya pengurangan pendapatan di daerah.

Menurut dia, dengan kurangnya pendatapan tersebut tentu menyulitkan program yang menjadi prioritas.

"Jadi agak sulit dalam penentuan kemarin. Alhamdulillah, KUA PPAS kemarin sudah dan tadi diajukan mengenai rancangannya dan kami yakin ini akan berjalan lancar dengan dibantu dewan," ujar Bupati dua periode itu.

Cek Endra menyebutkan, tahun depan pemerintah bakal memfokuskan program untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Selain itu, pelayanan dan penyelesaian infrastruktur juga menjadi fokus.

"Anggaran tahun ini berkurang. Kita saja di PU hanya Rp 106 miliar, jauh berkurang, hampir 50 persen dibanding tahun-tahun sebelumnya," katanya lagi.

Selain itu, dengan berkurangnya jumlah anggaran di tahun berjalan, menyulitkan pihaknya untuk membagi penganggaran.

Cek Endra meyakini dengan anggaran Rp 1,2 triliun itu, dirinya akan tetap melanjutkan pembangunan dan ekonomi masyarakat.

Dikatakannya, tahun 2022 mendatang, tidak terdapat kenaikan anggaran dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Melainkan penurunan anggaran mencapai 30 persen.

"OPD tidak ada yang naik anggaran, semua OPD turun 30 persen. Saya berpesan jangan ada pelayanan yang berkurang. Caranya berhemat dan memangkas anggaran yang tidak perlu," katanya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments