Minggu, 5 Desember 2021

BIN Daerah Jambi Alokasikan 1000 Dosis Vaksin

Selasa, 23 November 2021 | 17:51:14 WIB


Pelaksanaan vaksinasi wilayah Tanjabbar, Jambi.
Pelaksanaan vaksinasi wilayah Tanjabbar, Jambi. / Metrojambi.com

JAMBI - Badan Intelijen Negara (BIN) melalui BIN Daerah Jambi kembali mengalokasikan 1000 dosis vaksin Covid-19. Vaksin tersebut yakni dosis vaksin kedua untuk wilayah Tanjabbar, Jambi.

Hal ini merupakan vaksinasi lanjutan yang sebelumnya dilaksanakan pada bulan lalu Oktober sebanyak 1000 dosis vaksin Covid-19 untuk dosis pertama.

Adapun alokasi dosis diberikan kepada lima puskesmas masing-masing sebanyak 200 dosis, yakni Puskesmas II Kuala Tungkal, Kecamatan Tungkal Ilir. Puskesmas Suban, Kecamatan Batang Asam. Puskesmas Parit Deli, Kecamatan Kuala Betara. Puskesmas Sukarejo, Kecamatan Betara dan Puskesmas I Kuala Tungkal, Kecamatan Tungkal Ilir.

Untuk pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di Mesjid Nurul Hidayah, RT 2, Kelurahan Sungai Nibung, Kecamatan Tungkal Ilir pada Jumat (19/11/2021) lalu oleh tim Nakes dari Puskesmas II Kuala Tungkal dengan 200 dosis. Sedangkan untuk puskesmas lainnya dilaksanakan esok hari hingga 24 November.

Salah seorang warga RT 03 Sungai Nibung yang mengikuti vaksin, Siti Nurasiyah mengucapkan terima kasih kepada BIN Daerah Jambi yang telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 ini.  "Terima kasih kepada BIN yang telah mefasilitasi vaksin kami," kata Nurasiyah, Selasa (23/11).

Dokter Puskesmas Tungkal II, dr Dewi mengatakan bahwa saat ini capaian tingkat vaksin di wilayah Puskesmas Tungkal II sudah mencapai angka 52 persen. Pelaksanaan vaksin kala itu dilakukan sesuai protokol kesehatan (Prokes) 3M dengan menjaga jarak, menyediakan tempat cuci tangan dan mewajibkan peserta untuk mengenakan masker.

"Hari ini kita melaksanakan vaksinasi jemput bola di Kelurahan Sungai Nibung, Alhmadillah sejak tadi pagi datang berjalan dengan lancar," ucap dr Dewi.

Dirinya menjelaskan, bahwa kegiatan vaksin ini rutin dilakukan setiap hari kerja, yakni Senin-Jumat pukul 08.00-12.00 WIB di Puskesmas Tungkal II. Dan ia juga mengapresiasi langkah BIN dalam mengalokasi dosis vaksin guna mempercepat capaian imunitas masyarakat di Kuala Tungkal khususnya.

Ditanyakan berapa dosis yang dihabiskan dalam satu harinya, dokter Dewi mengatakan untuk saat ini rata-rata dalam sehari 100 sampai 200 dosis vaksin.  "Kalau dulu memang antusias masyarakat banyak, saat ini untuk di wilayah Puskesmas Tungkal sudah banyak yang tevaksin. Makanya langkah kami sekarang, kami yang mendatangi ke rumah," ujarnya.

Dirinya juga berharap kepada warga wilayah Puskesmas Tungkal II yang belum vaksin boleh datang dengan membawa syarat yang diperlukan ke Puskesmas agar tujuan percepatan vaksin tercapai.

Sementara itu, Lurah Sungai Nibung Alfian Fajri menghimbau kepada warganya, sesuai surat edaran dari Pak Camat Tungkal Ilir terhitung hari ini segala urusan administrasi pemerintahan akan diminta kartu vaksin, minimal kartu vakasi pertama.  "Maka dari itu saya menghimbau masyarakat Sungai Nibung, marilah kita melaksanakan vaksinasi. Nanti yang tidak mengikuti vaksin akan sulit mendapatkan bantuan dari pemerintah dan akan terhambat administrasi pemerintahannya," katanya.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada BIN yang telah jemput bola dengan melakukan vaksinasi di wilayah Kelurahan Sungai Nibung," pungkasnya. 


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments