Kamis, 2 Desember 2021

Disdikbud Batanghari Upayakan KBM Kembali Normal

Kamis, 25 November 2021 | 19:57:02 WIB


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Agung Wihadi.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Agung Wihadi. / Metrojambi.com

BATANGHARI- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batanghari mengupayakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) kembali normal pada tahun 2022 mendatang.

Sebelumnya, sesuai dengan petunjuk Mendikbud, Pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Batanghari telah dimulai secara bertahap dan berjalan sesuai peraturan yang ditetapkan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Batanghari, Agung Wihadi mengatakan sebelumnya, satuan pendidikan telah melaksanakan masa percobaan pembelajaraan tetap muka atau PTM terbatas terhitung dua bulan terakhir ini. Bahkan hingga awal November lalu kegiatan ekstrakulikuler diseluruh sekolah tingkat SD dan SMP se Kabupaten Batanghari mulai diberlakukan di daerah ini.

"Keadaan saat ini di Batanghari untuk penyebaran Covid-19 sudah menurun, bisa dikatakan aman, namun untuk pembelajaran tatap muka kita masih melihat aturan dari Satgas Covid-19," ujarnya, Kamis (25/11).

Ia mengatakan akan ada kerjasama dengan Satgas Covid-19. Tapi yang jelas kata dia PTM di daerah ini masih menerapkan kapasitas 50 persen dari jumlah peserta didik dengan catatat ada sejumlah sekolah menambah waktu pembelajaran karena menyesuaikan kondisi di lapangan.

"Dengan harapan kedepannya dapat berjalan seperti semula dan kembali normal. Yang jelas dengan catatan mendapat aturan dari Satgas Covid-19 Batanghari. Memang kita belum ada pembicaraan soal itu, rencananya dalam waktu dekat ini," katanya.

Ditegaskan oleh Agung, sekolah PAUD, TK, SD dan SMP wajib menerapkan protokol kesehatan (Prokes) 3M dengan mewajibkan seluruh tenaga didik, dan peserta didik mengenakan masker.  "Menjaga jarak saat KBM, menyediakan masker dan menyediakan tempat cuci tangan," demikian Agung Wihadi.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments