Kamis, 9 Desember 2021

Guru di Tanjabbar Berinovasi Dorong Kreativitas Belajar di Era Pandemi

Jumat, 26 November 2021 | 11:09:39 WIB


Tenaga pendidik di Kabupaten Tanjab Barat gunakan media pembelajaran saat mengajar. Inovasi pembelajaran menggunakan media pembelajaran tingkatkan kreativitas mengajar.
Tenaga pendidik di Kabupaten Tanjab Barat gunakan media pembelajaran saat mengajar. Inovasi pembelajaran menggunakan media pembelajaran tingkatkan kreativitas mengajar. / (Antara/HO/Tanoto Faoundation)

JAMBI - Guru di Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi membuat sejumlah inovasi untuk meningkatkan kreativitas dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi Covid-19.

"Sampai hari ini kita aktif dalam memberikan media pembelajaran, karena peserta didik di usia SD lebih dominan dengan melihat benda-benda yang konkret," kata Guru SD 15 Serdang, Tanjabbar Irmawati, Jumat (26/11).

Irmawati menjelaskan inovasi yang dibuat untuk mempermudah memberikan pengajaran kepada peserta didik yakni menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan yakni media terdekat dengan peserta didik. Seperti membuat contoh rak buku, mengamati bias pensil yang berada di alam air.

Kemudian menggunakan mata uang untuk pelajaran berhitung. Serta menggunakan media-media pembelajaran lainnya yang familiar terhadap peserta didik.

Di masa pandemi Covid-19 metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran lebih mudah dicerna oleh peserta didik. Sehingga penggunaan media baca lebih efektif dan efisien dalam memberikan pembelajaran.

"Dengan media pembelajaran siswa langsung mengalami apa yang sedang kami pelajari. Siswa juga berinteraksi dan berdiskusi langsung dengan teman kelompoknya dan guru," kata Irmawati.

Selain media pembelajaran, Irmawati turut berinovasi dengan membuat pojok baca di dalam kelas. Sebelum pembelajaran dimulai peserta didik diminta untuk membaca berbagai jenis buku yang ada di pojok baca dan menceritakan kembali buku yang dibaca peserta didik.

"Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca peserta didik dan meningkatkan motivasi terhadap peserta didik yang belum lancar dalam membaca," kata Irmawati.

Selain itu di masa pandemi Covid-19 tenaga pendidik di daerah itu melibatkan langsung orang tua murid untuk memberikan pengajaran kepada peserta didik yang menjalani pembelajaran secara dalam jaringan (Daring).

Karena peran orang tua sangat penting dalam memberikan pembelajaran kepada anak-anaknya, terutama di masa pandemi Covid-19.

Irmawati berharap pada peringatan hari guru ke 76 tahun 2021 ini seluruh guru dan tenaga pendidik di Indonesia untuk terus membuat inovasi-inovasi dalam memberikan pengajaran agar pembelajaran lebih mudah di mengerti dan di pahami oleh peserta didik. Mengingat saat ini metode pembelajaran yang diberikan harus mengikuti perkembangan zaman.

"Kita berharap seluruh guru diberikan kesehatan dan selalu bersemangat dalam melakukan perbaikan dan perubahan pembelajaran di tengah pandemi, dan juga terus berinovasi dalam kemajuan pendidikan," kata Irmawati.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments