Sabtu, 29 Januari 2022

Kementerian Kominfo Dorong Masyarakat Indonesia Makin Cakap Digital

Selasa, 30 November 2021 | 11:46:07 WIB


/ istimewa

JAMBI - Saat ini Indonesia sedang menjalankan agenda nasional transformasi digital, diimplementasikan melalui percepatan perluasan infrastruktur digital di seluruh penjuru negeri, yang juga diimbangi penyiapan sumber daya manusia talenta digital.

Merespon kebutuhan tersebut, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional yang tahun ini menjangkau setidaknya 12,5 juta penduduk di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia.

Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar baik secara luring maupun daring yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yaitu: Kecakapan Digital, Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital.

“Memasuki era baru dimana realitas bukan saja di ruang fisik tapi juga ruang digital, maka melalui Literasi Digital Nasional masyarakat dapat memperluas potensi yang bisa dilakukan di ruang digital” ujar Semuel Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo.

Bertempat di berbagai ibukota provinsi, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi selenggarakan Literasi Digital Netizen Fair 2021. Kegiatan ini dihadiri 20.000 peserta secara luring dan lebih dari 250.000 peserta secara daring di berbagai Ibu Kota Provinsi Indonesia yang diadakan secara serentak pada tanggal 23-24 November 2021. Pada kegiatan tersebut, terdapat kelas-kelas, talkshow interaktif yang akan membahas pilar-pilar literasi digital serta isu-isu relevan, juga berbagai ruang pamer dari komunitas-komunitas lokal.

Secara khusus, di Kota Jambi, kegiatan Netizen Fair 2021 ini diadakan di Abadi Convention Center. Kegiatan ini dibuka oleh DR. dr. H. Maulana, MKM, Wakil Walikota Jambi.

Maulana menyambut baik kegiatan Netizen Fair 2021 di Kota Jambi, dan sangat mendukung usaha kementrian komunikasi dan informatika meningkatkan literasi digital di Indonesia terutama di Kota Jambi. “Semoga para milenial Jambi bisa semakin cerdas dan maju di dunia digital” katanya.

Pada hari pertama, terdapat dua sesi talkshow Ngobrolin Literasi Digital, juga satu sesi kelas Netizen Talks. Tema-tema yang akan diangkat dalam kelas-kelas di hari pertama dari Pilar Digital Skill : “Mengenal Lanskap Digital”, dan “Netiket Masyarakat Digital” pada pilar Digital Culture. Kegiatan ini pun akan mendatangkan berbagai narasumber yang memiliki pakar di bidang literasi digital, seperti Noviardi – Sekertaris Kominfo Kota Jambi, Rhesa Radyan Pranasthiko - Kaizen Room dan lain sebagainya.

“Diplomasi dapat digunakan untuk menyebarkan pesan perdamaian, penyelesaian konflik, dukungan politik internasional dengan lebih mudah melalui media sosial.,” tegas Ahmad Baidawi, S.IP., Mhub – Dosen Universitas Negeri Jambi.

Selain itu, dalam sesi Netizen Talks bertajuk Cek Fakta yang Nyata yang dipantik oleh Fitria Indri - Korwil Mafindo Yogyakarta dan Muhammad Khairil Haesy - Pemeriksa Fakta Senior Mafindo Sesi ini mendiskusikan mengenai Cara Menerima, mengolah, dan membagikan informasi digital yang baik dan benar.

“Jadi pekerjaan memerangi hoaks ini 24 jam dan harus dimulai dari diri sendiri,” tutur Muhammad Khairil Haesy - Pemeriksa Fakta Senior Mafindo.

Pada hari kedua, diadakan dua sesi Ngobrolin Literasi Digital dengan tema “Teknologi Merajut Toleransi” dari pilar Digital Ethics, dan dari pilar Digital Safety “Nyaman dan Kreatif di Internet”, juga sesi kelas Netizen Talks yang bertajuk Implementasi Teknologi Untuk UMKM. Sesi tersebut tersebut dihadiri Alexander Zulkarnain - Young On Top (YOT)  dan Rizky Ayu Febriana - Kaizen Room

Menegaskan Alexander dan Rizky Ayu juga menyatakan pentingnya literasi digital dalam kondisi saat ini. Ia menyebutkan bahwa “Membangun UMKM harus komprehensif mulai dari edukasi, pendampingan, membangun brand, berjejaring (komunitas) go to market dan pendanaan.”

Kegiatan Netizen Fair 2021 ini merupakan kegiatan yang gratis dan terbuka untuk umum. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui info.literasidigital.id atau media sosial Siberkreasi.


Penulis: *
Editor: Sahrial



comments