Sabtu, 29 Januari 2022

DPRD Bungo Fokus Pada Penyehatan Anggaran

Selasa, 30 November 2021 | 14:43:18 WIB


Wakil Ketua DPRD Bungo, Jumiwan Aguza
Wakil Ketua DPRD Bungo, Jumiwan Aguza / istimewa

MUARABUNGO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bungo memperingatkan kepada pemerintah daerah untuk berhati-hati dalam penggunaan anggaran, agar tidak terjadi pembengkakan angka defisit lagi.

Wakil Ketua DPRD Bungo, Jumiwan Aguza menyebutkan, tahun 2022 pihaknya akan lebih memperhatikan belanja daerah untuk penyehatan anggaran daerah.

Upaya itu dilakukan dengan melihat pendapatan daerah terlebih dahulu sebelum melakukan penyusunan belanja daerah. "Kita optimis tahun depan anggaran tidak ada lagi defisit," ujarnya, Selasa (30/11).

Akibat dari penyehatan anggaran tersebut, sejumlah anggaran di OPD terpaksa diminimkan. Sementara perencanaan pembangunan juga banyak yang tertunda.

Sementara itu, Wakil Bupati Bungo, H Safrudin Dwi Aprianto mengatakan, setiap tahunnya Pemkab memang mengalami defisit. Namun, pemerintah daerah terus berupaya melakukan upaya untuk mengurangi angka defisit tersebut.

"Kita juga sudah mempunyai langkah-langkah terukur agar ke depan defisit terus kita kurangi, sehingga bisa optimal melakukan program pemerintah," tuturnya.

Selain itu, Wabup juga mengakui bahwa dua tahun ini banyak kegiatan yang tidak terlaksana akibat adanya pemangkasan anggaran sebagai dampak pandemi Covid-19.

Ia berharap, tahun 2022 program yang sudah direncanakan tersebut dapat diwujudkan seiring berkurangnya kasus Covid-19 di Kabupaten Bungo. "Mudah-mudahan kita bisa kembali menata ekonomi di Bungo ini," katanya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments