Sabtu, 29 Januari 2022

Proses Pembangunan Stadion Baru Masuk Tahap Studi Kelayakan

Selasa, 30 November 2021 | 16:40:05 WIB


Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, M Fauzi
Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, M Fauzi / istimewa

JAMBI - Proses pembangunan stadion baru di Jambi saat ini masuk ke tahap Feasibility study (FS) atau studi kelayakan.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, M Fauzi mengatakan, nantinya pembangunan stadion baru ini akan dilaksanakan secara pembiayaan multi years.

"Pembangunan stadion kita lakukan dengan pembiayaan multi years. Untuk tahap awal kita akan melaksanakan FS pada perencanaan itu, sampai pada pertengahan tahun 2021," katanya, Selasa (30/11).

Fauzi menjelaskan tahap yang akan dilaksanakan selanjutnya pada pertengahan 2022 yaknk akan melakukan kontrak fisik. Sementara untuk penetapan lokasi sendiri, dirinya mengatakan sudah pasti dibangun di daerah Pondok Meja, Kabupaten Muarojambi, tepatnya di depan SPN Polda Jambi.

"Stadion ini sendiri akan dibangun di tanah seluas kurang lebih 6 hektare, di atas tanah milik pemerintah Provinsi Jambi," ujarnya.

Selanjutnya untuk pembangunan stadion ini, pihaknya telah mempersiapkan uang muka sebesar Rp 6-7 miliar. Dengan pendanaan hingga 3 tahun.

Sebelumnya DPRD Provinsi Jambi telah memberikan persetujuan dan menandatangani kesepakatan untuk membangun stadion dengan sistem multi years.

“Pembangunan stadion kita sepakati, karena ini merupakan visi misi atau program dari Pak Gubernur Jambi,” kata Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto.

Dengan disepakatinya pembangunan stadion sepak bola standar internasional tersebut, karena memang saat ini di Jambi belum ada satupun stadion yang berstandar internasional, sehingga sulit Jambi untuk meningkatkan prestasi atau menjadi tuan rumah dalam event besar.

Saat ini dewan pun baru menyiapkan anggaran untuk studi kelayakan tempat dan dilakukan survei. Kemudian dilakukan penganggaran untuk pembangunan pada tahap awal. Anggaran tersebut sebesar Rp 2,5 miliar, pada pembangunan tahap awal ini.

“Ini kan visi misi Pak Gubernur yang merupakan janji politik mereka kemaren, sehingga ini harus didukung untuk masyarakat,” demikian Edi Purwanto.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments