Rabu, 19 Januari 2022

Al Haris: Tanjabtim Harus Bersatu, Tidak Boleh Egois

Jumat, 22 Oktober 2021 | 07:04:21 WIB


Gubernur Jambi Al Haris
Gubernur Jambi Al Haris / Metrojambi.com

 MUARASABAK - Peringatan Dirgahayu Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) ke-22 tahun 2021 berlangsung meriah, Kamis (21/10). Digelar di gedung DPRD Kabupaten Tanjabtim, rapat paripurna istimewa tersebut dihadiri langsung Gubernur Jambi, Al Haris.

Usai paripurna, Al Haris menyampaikan beberapa pesan untuk Kabupaten Tanjabtim. Gubernur mengatakan, di umur ke-22 tahun ini, sudah banyak capaian yang telah dilakukan. Namun tentu masih ada juga yang belum dikerjakan, karena sedang dalam proses. Inilah dinamika dalam membangun daerah.

"Saya berharap teman-teman dari Pemda, DPRD serta masyarakat Tanjabtim harus bersatu padu dan tidak boleh egois. Intinya apa yang akan dicapai itu perlu kesatuan dan kebersamaan," kata Al Haris.

Al Haris menjelaskan bahwa Kabupaten Tanjabtim memiliki kekayaan dengan cadangan minyak sekitar 50.000 barel dan gas yang miliaran. Maka dari itu, gunakanlah sumber daya alam yang ada saat ini.

Ke depan izin sumur-sumur ilegal driling akan dikelola oleh BUMD dan itu sudah diberi izin oleh Kementerian SDM. "Nah, ini perlu hati-hati. Ditata dengan baik, sehingga sumur-sumur yang selama ini liar diakomodir dan diberi izin yang akan dikelola oleh Pemda," jelasnya.

Pemprov Jambi sendiri, dalam hal pembangunan di Kabupaten Tanjabtim, pertama pihaknya akan melakukan percepatan pembangunan jalan provinsi di Tanjabtim. Karena menurutnya, jalan tersebut adalah kewenangan provinsi. Selanjutnya pelabuhan Ujung Jabung, karena pembangunan itu tidak akan bergerak tanpa adanya Pemprov Jambi.

"Tahun ini Insya Allah kita akan mengubah status dari pelabuhan pengumpul ke pelabuhan utama, itu dulu. Baru nanti kita bicara tentang proses lainnya," ungkapnya.

Terkait dengan pertanian, Tanjabtim merupakan salah satu daerah di Jambi yang masuk penyumbang padi terbesar. Tentu Pemprov Jambi akan memprioritaskan Tanjabtim, agar kedepan Food Estate juga ada di Kabupaten Tanjabtim.

"Kita tetap akan prioritaskan, karena Tanjabtim adalah daerah penyumbang padi di Jambi," demikian Al Haris.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments