Rabu, 28 September 2022

SKK Migas - KKKS Wilayah Jambi Turut Sukseskan Program Vaksinasi Covid-19

Kamis, 02 Desember 2021 | 11:15:28 WIB


Vaksinasi yang digelar Repsol Sakakemang BV pada 27 November 2021
Vaksinasi yang digelar Repsol Sakakemang BV pada 27 November 2021 / ist

 JAMBI – Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia yang sudah dilakukan oleh pemerintah sejak Januari 2021 terus dilakukan hingga kini. Pemerintah juga terus mendatangkan vaksin Covid-19 guna mengejar 70% penduduk tervaksinasi pada akhir 2021. Upaya ini untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Di Provinsi Jambi, seluruh kepala daerah juga gencar melakukan vaksinasi secara massal dengan melibatkan berbagai elemen. Hal sama dilakukan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan seluruh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran mengatakan, sebelumnya di daerah sekitar hulu Migas banyak masyarakat yang belum vaksin. Tapi berkolaborasi bersama TNI- Polri, dan Dinas Kesehatan Kabupaten yang sampai saat ini masih berjalan, vaksinasi gencar dilakukan SKK Migas dan KKKS.

Vaksinasi merupakan kesempatan bagi SKK Migas dan KKKS untuk bisa berkontribusi menunjang pemda setempat dan provinsi untuk mencapai hard immunity di wilayah masing-masing.

“Mengindar agar tidak terkena Covid-19, tidak hanya untuk pekerja dan wilayah KKKS saja, tapi juga masyarakat sekitar. Karena percuma KKKS meningkatkan hard immunity tapi masyarakat sekitar ketinggalan,” ujar Aap, demikian biasa disapa.

Tentunya, kata Aap, perlu kolaborasi, bahu membahu dengan ketentuan berlaku untuk mencapai target vaksin bersama untuk menciptakan hard immunity.

KKKS Jadestone Energy (Lemang) Pte.Ltd. (JELPL) berkerja sama dengan Kodim 0419/Tanjung Jabung telah melakukan vaksinisasi sekitar 1.200 dosis pertama kepada masyarakat di Ring 1 operasi JELPL meliputi 2 desa, 1 kelurahan dan 2 kecamatan yaitu Desa Bram Itam Raya Kecamatan Bram Itam, Desa Bunga Tanjung dan Kelurahan Mekar Jaya Kecamatan Betara. Vaksinasi ini di laksanakan di Kantor Camat Bram Itam.

JELPL melaksanakan dua kali vaksinasi, yaitu pada tanggal 2 November 2021 (dosis pertama) dan 30 November 2021 untuk dosis kedua.

Repsol Sakakemang BV juga menyelenggarakan kegiatan vaksinasi di sekitar wilayah operasi. Vaksinasi sudah dilaksanakan pada tanggal 27 November 2021 dengan lebih dari 1.000 penerima vaksin.

Sementara itu, Public Relation & Government Relation MontD'Or Oil Tungkal Ltd (MOTL), Dewi Ratna Ningrum menegaskan pihaknya memastikan pekerjanya telah dilakukan vaksin Covid-19, dengan ikut serta dalam program Vaksinasi.

“Hingga kini pekerja MOTL telah 100% melaksanakan Vaksin Covid-19 dosis 2, dan tertanggal 1 November 2021 sesuai arahan dari SKK Migas, MOTL tidak memperkenankan baik personel maupun tamu untuk memasuki area Central Produksi jika tidak dilengkapi sertifikat vaksin Covid-19 dosis ke-2,” ujarnya.

Dikatakan Dewi, tingginya capaian vaksinasi dosis ke-2 yang mencapai 100% menunjukkan dukungan dari manajemen MOTL dalam menyukseskan program pemerintah.

“Keberhasilan pelaksanaan vaksinasi untuk menciptakan penerapan protokol kesehatan (MOTL /Mengupeh) telah dilakukan sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah selain vaksinasi,” ujarnya.

MontD'Or Oil Tungkal Ltd juga ikut berpartisipasi dalam vaksinasi bersama DMI yang diinisiasi oleh SKK Migas, dengan mekanisme sharing dengan SKK Migas Pusat.

Agustiar Hamdani, Formalities & PR Jindi South Jambi B Co., Ltd mengatakan pihaknya mempercepat proses vaksinasi lengkap terhadap karyawan, dan sejauh ini sudah dilakukan dengan lancar. Jindi juga bekerjasama dengan satgas Covid-19 tingkat kecamatan dalam vaksinasi.

“Jindi memberikan bantuan riil kepada satgas Covid-19 kabupaten berupa transportasi yang digunakan untuk program Covid-19 secara umum dan vaksinasi secara khusus,” ujarnya.

Sementara itu, Arif Hari Suseno, Field Manager Jabung PetroChina International Jabung Ltd mengatakan PetroChina telah mengadakan berbagai kegiatan vaksinasi Covid-19 massal, baik bagi seluruh pekerja maupun bagi masyarakat Jambi secara luas.

Vaksinasi ini dilakukan melalui kerja sama dengan berbagai instansi, termasuk kantor-kantor. Dinas  kesehatan, beberapa rumah sakit, dan puskesmas di wilayah Provinsi Jambi, juga dengan Kodim 0419/Tanjung Jabung dan Dewan Masjid Indonesia.

“Vaksinasi massal ini adalah bagian dari keikutsertaan PetroChina dalam kerjasama kemanusiaan antara berbagai pihak untuk melindungi masyarakat, menjamin kesehatan bersama serta mengakhiri pandemi Covid-19,” ujar Arif.

Selain vaksinasi, PetroChina juga memberi bantuan alat pelindung diri (APD) dan pelatihan bagi para pekerja medis, bantuan sembako bagi masyarakat, dan webinar tentang Covid-19 untuk memberikan informasi seputar pandemi kepada para pemangku kepentingan.

Dikatakan Arif, PetroChina juga telah menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa penyediaan tabung oksigen dan regulatornya untuk penanganan Covid-19. Bantuan ini disalurkan lewat berbagai institusi pemerintah, termasuk TNI AD, TNI AL, Polri, dan Dinas Kesehatan.

“PetroChina telah memfasilitasi banyak kegiatan vaksinasi di berbagai kota dan kabupaten di lingkup Provinsi Jambi. Ini adalah wujud dukungan penuh PetroChina terhadap program vaksinasi pemerintah Indonesia sebagai salah satu usaha mengakhiri pandemi Covid-19,” tandasnya.

Health Assistant Manager Pertamina Hulu Rokan Region 1 Zona 1 Jambi Field, Ahmad Fuad mengatakan PHR menyelenggarakan vaksinasi untuk seluruh pekerja, mitra kerja, serta keluarga di seluruh wilayah kerja zona 1, melalui vaksin gotong royong yang diadakan sendiri maupun vaksin program pemerintah melalui kerja sama dengan puskesmas dan stakeholder.

Vaksinasi massal dilakukan 7 kali, 5 di antaranya menggunakan vaksin gotong royong, 2 lainnya menggunakan vaksin program pemerintah.

“Vaksinasi kepada masyarakat umum masih dibuka hingga hari ini dan dilaksanakan setiap hari kerja di RS Pertamina Baiturrahim Jambi,” ujarnya.


Penulis: */fdy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments