Selasa, 16 Agustus 2022

Gubernur Jambi Pimpin Upacara Hari Bakti Ke-76

Jumat, 03 Desember 2021 | 23:45:23 WIB


/ Metrojambi.com

JAMBI - Gubernur Jambi, Al Haris pimpin upacara hari bakti PUPR ke-76 yang bertempat di halaman Kantor Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Provinsi Jambi, Jumat (3/12) dengan mengangkat tema sigap membangun negeri.

Upacara juga dihadiri oleh Kepala BWSS Wilayah IV Sumatera, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi, unsur Forkopimda dan tamu undangan lainnya.

Melalui sambutan Kementrian PUPR RI yang disampaikan oleh Gubernur Jambi, mengucapkan terimakasih kepada seluruh insan PUPR yang telah membangun infrastruktur di seluruh Indonesia. 

"Saya mengingatkan pada kita semua untuk  terus memberikan kontribusi agar kita dapat  segera keluar dari pandemi dan ekonomi  Indonesia dapat pulih kembali," ujarnya.

Tercatat hingga saat ini, ada 7.400 pegawai Kementerian PUPR terkonfimasi positif Covid-19 dan 64 pegawai telah meninggal dunia.

"Di masa yang tidak mudah, kita patut bersyukur  tetap dapat menyelesaikan tugas-tugas yang  diamanahkan kepada Kementerian PUPR," ujar Gubernur Jambi.

Untuk diketahui, pada tahun 2021, ada 15 bendungan yang telah berhasil dibangun. Dimana 11 diantara bendungan itu telah selesai dan diresmikan Presiden Joko Widodo, antara lain Bendungan Tugu, Gongseng, Bendo, Kuningan, Paselloreng, dan Karalloe.

Pembangunan bendungan tentunya akan dilanjutkan dengan pembangunan jaringan irigasi, jaringan air baku, pengendalian banjir, dan pembangkit energi, sehingga keberadaan bendungan dapat dimanfaatkan optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Lalu, di bidang pembangunan jalan, hingga November 2021 PUPR telah menuntaskan pembangunan dan mengoperasikan 101 km dari target 190 km jalan tol.

"Di akhir 2021 target pembangunan jalan tol bisa tercapai. Dengan demikian total panjang jalan tol operasional di Indonesia hingga akhir 2021 nanti menjadi 2.529 km," sambung Al Haris.

Beberapa ruas tol yang telah beroperasi antara lain Jalan Tol Serang– Panimbang Seksi 1, Balikpapan - Samarinda Seksi 1 & 5, dan Semanan – Pulo Gebang Seksi A.

PUPR juga akan meneruskan pembangunan jalan nasional perbatasan di Kalimantan, Papua, dan NTT dengan total panjang 3.628 km yang akan  tersambung sepanjang 3.404 km pada akhir  2024. Dengan harapan dapat tersambung seluruhnya pada akhir tahun 2024.

Selanjutnya dalam mendukung pengembangan  5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Kementrian PUPR juga telah melaksanakan pembangunan Jalan  Lingkar Samosir, Penataan Kawasan Borobudur, Penataan Kawasan Labuan Bajo, antara lain: Puncak Waringin dan Goa Batu Cermin, serta Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok, Mandalika yang telah turut mendukung penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) 2021 beberapa waktu lalu.

Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan tugas khusus pembangunan prasarana sarana olahraga mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI di Papua.

"Program Padat Karya Tunai Tahun 2021 dengan  anggaran sebesar Rp23,2 Triliun juga telah  dilaksanakan hingga pelosok yang membantu  membuka lapangan kerja bagi 1,2 juta orang  yang membutuhkan," lanjut Gubernur Jambi saat menyampaikan sambutan dari Menteri PUPR RI.

Memasuki tahun 2022, amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada Kementerian PUPR semakin besar.  "Diperlukan terus merapatkan barisan dan meningkatkan kekompakan mengingat adanya tugas tugas baru, antara lain persiapan KTT G-20 di Bali, penataan Kawasan Mandalika menyongsong Moto GP 2022, renovasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), pembangunan Papua Youth Creative Hub di Papua dan juga pembangunan," pungkas Al Haris.

Acara dilanjutkan pemberian bantuan tali kasih yang langsung diserahkan oleh Gubenur Jambi.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments