Selasa, 16 Agustus 2022

TMII Siap Promosikan Geopark Merangin Jambi

Senin, 06 Desember 2021 | 17:10:27 WIB


Arung Jeram di Sungai Batang Merangin, Jambi yang merupakan kawasan Geopark Merangin Jambi. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyatakan kesiapannya untuk mempromosikan Geopark Merangin Jambi ke mancanegara
Arung Jeram di Sungai Batang Merangin, Jambi yang merupakan kawasan Geopark Merangin Jambi. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyatakan kesiapannya untuk mempromosikan Geopark Merangin Jambi ke mancanegara / Antara/Muhamad Hanapi

 JAMBI - Direktur Eksekutif Taman Mini Indonesia Indah (TMII)  I Gusti Putu Ngurah Sedana menyatakan kesiapannya mempromosikan Geopark Merangin sebagai objek wisata unggulan di Provinsi Jambi. Dia menyebut Geopark Merangin memiliki potensi luar biasa.

“Kita siap mempromosikan pariwisata di Provinsi Jambi, khususnya Geopark Merangin yang menyimpan kekayaan alam sangat luar biasa,” kata I Gusti Putu Ngurah Sedana, Senin (6/12).

Pernyataan itu disampaikan Ngurah Sedana usai mengikuti Geo Fun Rafting 2021, event arung jeram menyusuri Geopark Merangin di Sungai Batang Merangin. Ngurah Sedana merasa takjub melihat fosil-fosil flora dan fauna berusia ratusan juta tahun di pinggir sungai.

Menurut Ngurah Sedana, kekayaan geologi Geopark Merangin wajib dipromosikan sebagai salah satu wisata unggulan Provinsi Jambi. 

“Di TMII kita memiliki anjungan daerah, Pemerintah Provinsi bisa memanfaatkan anjungan itu untuk mempromosikan pariwisata unggulan di daerahnya,” kata Ngurah Sedana.

Anjungan daerah tersebut dapat menjadi referensi wisatawan untuk mengunjungi pariwisata di Indonesia. 

Dia mengatakan, TMII menjadi etalase budaya dan kekayaan alam Indonesia sejalan dengan apa yang dimiliki oleh Geopark Merangin. Apalagi, Geopark Merangin sudah masuk dalam catatan Unesco untuk diusulkan sebagai warisan dunia.

Ngurah Sedana juga menyatakan akan berkoordinasi dengan badan usaha milik negara (BUMN) yang biasa mendukung pengembangan Geopark Merangin. BUMN diharapkan menjadi mentor balai ekonomi desa.

Terpisah, Direktur Penyelenggara Event Daerah Kemenparekraf Joko Suharbowo juga menyatakan dukungan pengembangan sumber daya manusia  pariwisata Geopark Merangin.

“Untuk percepatan pengembangan Geopark Merangin, salah satunya meningkatkan kapasitas SDM pengelola dan masyarakat di kawasan wisata,” kata Joko.

Joko berharap agar kegiatan-kegiatan berskala nasional terus digelar di Geopark Merangin, seperti kejuaraan nasional arung jeram, festival tradisi dan gelar budaya. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi Arif Budiman mengatakan, peningkatan SDM pariwisata akan menjadikan masyarakat sadar wisata. Dengan demikian dukungan terhadap percepatan pengembangan kawasan Geopark Merangin lebih mudah dilaksanakan.

“Jika pola fikir masyarakatnya sudah merupakan pola pikir wisata, maka pembangunan kawasan Geopark Merangin akan lebih cepat dan tentunya hal tersebut juga akan berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat di daerah itu,” katanya.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments