Sabtu, 29 Januari 2022

Pemprov Jambi Belum Sikapi PPKM Nataru

Rabu, 08 Desember 2021 | 08:34:03 WIB


Sekda Provinsi Jambi Sudirman
Sekda Provinsi Jambi Sudirman / dokumentasi - Metrojambi.com

JAMBI - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengumumkan pembatalan penerapan PPKM Level 3 menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Bagaimana kebijakan Pemprov dan Pemkot Jambi?

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Sudirman mengatakan bahwa Pemprov Jambi masih berpedoman pada Instruksi Mendagri No 62 Tahun 2021 yang menerapkan PPKM Level 3 saat nataru. 

“Terkait hal itu (pernyataan Luhut, red), kita masih tetap menunggu dan mempedomani Inmendagri,” ujar Sudirman, Selasa (7/12) siang.

Dia menegaskan, sebelum adanya revisi atau perubahan dari Mendagri, maka Pemprov akan tetap menerapkan PPKM Level 3. “Kita lihat saja nanti. Kalau ada revisi atau perubahan, baru kita lakukan penyesuaian,” jelasnya.

Sudirman hanya meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dan menghindari kerumunan. “Tetap jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan sebagainya,” tambah dia.

Setelah dikeluarkannya Inmendagri soal PPKM, libur sekolah dan libur nataru belum lama ini, Pemprov juga belum bersikap resmi. Hanya Pemkot yang sudah mengeluarkan edaran melalui Dinas Pendidikan Kota Jambi pada 26 November lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi Mulyadi meminta semua sekolah melaksanakan penilaian akhir semester (PAS), pengolahan nilai serta pengisian rapor semester ganjil pada 13-30 Desember 2021.

Dengan demikian, lanjut Mulyadi, tanggal penulisan rapor adalah 31 Desember 2021, sedangkan pembagian rapor dilaksanakan pada Senin, 3 Januari 2022. 

“Selama periode Natal dan Tahun Baru dari 24 Desember 2021 sampai 2  Januari 2022, bagi pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik tidak ada libur dan atau cuti,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Mulyadi juga meminta kegiatan belajar mengajar semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dimulai langsung sehari setelah pembagian rapor, yakni pada 4 Januari 2022.

Kota Jambi kini sudah ditetapkan masuk PPKM Level 1. Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kota Jambi Hendra Saputra mengatakan, status Kota Jambi di level 1 dinyatakan dalam Inmendagri terbaru yang dikeluarkan pada Selasa (7/12).

“Kota Jambi masuk level 1. Hanya ada tiga kabupaten di Provinsi Jambi yang masih level 2, yaitu Muarojambi, Tanjabbar dan Kerinci,” katanya.

Dia mengatakan, Pemkot akan menyesuaikan kebijakan dalam bentuk instruksi Walikota. Namun, kata Hendra, belum ada rencana mengubah kebijakan soal  kegiatan belajar dan libur nataru.

“Belum ada rencana perubahan, kami belum mendapat update,” ujar Hendra.

Menko Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan, kekebalan masyarakat Indonesia mulai tinggi sehingga tak perlu menerapkan PPKM Level 3 di semua wilayah. Selain itu, rinci Luhut,  capaian vaksinasi dosis pertama di Jawa-Bali sudah 76 persen dan dosis kedua mendekati 56 persen.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj



comments