Senin, 4 Juli 2022

Untuk Ketiga Kalinya, KPU Tanjab Timur Ajukan Praperadilan

Rabu, 08 Desember 2021 | 20:57:29 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 MUARASABAK - Untuk ketiga kalinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjab Timur mengajukan gugatan praperadilan terkait penanganan kasus dugaan korupsi dana hibah Pilkada tahun 2020 yang saat ini sedang ditangani pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjab Timur.

KPU Tanjab Timur kembali mengajukan gugatan setelah dua gugatan sebelumnya diputus NO (Niet Ontvabkelijje Verklaard) atau tidak dapat diterima oleh hakim Pengedilan Negeri (PN) Tanjab Timur.

Pengajuan gugatan praperadilan ketiga kalinya oleh KPU Tanjab Timur telah terdaftar di PN Tanjab Timur dengan nomor perkara 4/Pid.Pra/2021/PN.TJT.

Kuasa Hukum KPU Tanjab Timur, Tengku Ardiansyah membenarkan jika pihaknya kembali mengajukan gugatan praperadilan, dan telah didaftarkan pada 6 Desember 2021.

Tengku menyebutkan, untuk kali ini semua proses penyidikan, penggeledahan, penyitaan, penetapan tersangka, penahanan, dan ganti rugi masuk dalam masuk dalam materi praperadilan.

"Kecuali penangkapan karena klien kita (Ketua KPU Tanjab Timur Nurkholis, red) menyerahkan diri," kata Tengku saat dikonfirmasi melalui pesan WhatApp, Rabu (8/12).

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Tanjab Timur, Reynold saat dimintai tanggapannya mengatakan pihaknya tidak mempermasalahkan gugatan praperadilan tersebut.

"Insya Allah akan kami hadapi. (Tindakan, red) penyidik semua sudah berdasarkan formil dalam hukum acara," kata Reynold.


Penulis: Nanang Suratno
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments