Rabu, 28 September 2022

Gol Larut Avila Gagalkan Kemenangan Barcelona Atas Osasuna

Senin, 13 Desember 2021 | 07:06:38 WIB


Ekspresi kapten Barcelona Sergio Busquets (tengah) setelah Osasuna mencetak gol penyeimbang dalam pertandingan Liga Spanyol di Stadion El Sadar, Minggu (12/12/2021) waktu setempat
Ekspresi kapten Barcelona Sergio Busquets (tengah) setelah Osasuna mencetak gol penyeimbang dalam pertandingan Liga Spanyol di Stadion El Sadar, Minggu (12/12/2021) waktu setempat / ANTARA/AFP/ANDER GILLENEA

 JAKARTA - Gol larut Ezequiel Avila menggagalkan kemenangan Barcelona atas Osasuna saat bertamu ke Stadion El Sadar dan harus puas dengan hasil imbang 2-2 dalam laga pekan ke-17 Liga Spanyol, Minggu waktu setempat.

Barcelona sempat unggul dua kali melalui gol Nico Gonzalez dan Abde Ezzalzouli, tetapi tuan rumah dua kali pula menyamakan kedudukan berkat gol David Garcia dan Avila.

Hasil ini membuat skuad asuhan Xavi turun satu peringkat ke posisi kedelapan, dengan raihan 24 poin, sedangkan Osasuna tertahan di urutan kesepuluh dengan 22 poin, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Tuan rumah langsung mendapatkan peluang saat pertandingan baru berjalan dua menit ketika sapuan gagal Samuel Umtiti jatuh ke hadapan Jon Moncayola, sayang tembakan penyelasaian gelandang Osasuna itu masih mengarah tepat ke kiper Marc-Andre ter Stegen.

Sukses meredam ancaman awal laga, Barcelona membuka keunggulan pada menit ke-12 ketika umpan cermat Gavi diselesaikan dengan tenang oleh Nico Gonzalez untuk menaklukkan kiper Sergio Herrera.

Namun keunggulan itu hanya bertahan seumur jagung sebab dua menit kemudian Osasuna langsung mencetak gol balasan ketika David Garcia lolos dari kawalan para pemain Barca untuk menanduk umpan tendangan bebas Moncayola.

Barca berkesempatan merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-24, sayang sepakan Abde setelah menerima umpan sodoran Frenkie de Jong masih melambung tinggi di atas sasaran.

Abde tampak menjadi salah satu motor serangan utama Barcelona lewat pergerakannya di sisi kanan pertahanan Osasuna, tetapi ia belum mampu menciptakan peluang berarti lantaran sejumlah umpan silangnya kerap tak sampai ke dalam kotak penalti dan skor 1-1 bertahan hingga turun minum.

Tiga menit selepas turun minum Barca akhirnya merestorasi keunggulan mereka ketika Abde menandai penampilan gemilangnya dengan menyambar bola liar hasil umpan silang Ousmane Dembele untuk mengoyak gawang tuan rumah.

Para pemain Osasuna sempat memprotes gol ini karena meyakini bola terlebih dulu mengenai tangan Sergio Busquets di kotak penalti Barcelona. Namun, bukannya mengabulkan permintaan menganulir gol Barca, wasit malah memberikan kartu kuning ke Juan Cruz karena protes.

Osasuna terus berjuang menekan pertahanan Barcelona untuk mencari gol penyeimbang, tapi upaya mereka pada menit ke-70 berakhir dengan pelanggaran untuk tim tamu sebab tangan Ante Budimir didakwa mengenai wajah Ter Stegen saat berusaha menanduk umpan silang Manu Sanchez.

Kerja keras tuan rumah akhirnya membuahkan hasil tiga menit jelang bubaran ketika para pemain Barca gagal mengantisipasi sempurna situasi sepak pojok dan bola disambar dengan tembakan keras Avila yang sempat mengenai kaki Busquets sehingga mengecoh Ter Stegen sebelum melesak ke dalam gawang tim tamu.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments