Minggu, 4 Desember 2022

Sebut Rokok Ilegal Lewat Pelabuhan Roro Kualatungkal, Bea Cukai Jambi Minta Maaf

Senin, 13 Desember 2021 | 23:47:01 WIB


/ Metrojambi.com/ist

 KUALATUNGKAL - Bea Cukai Jambi akhirnya meminta maaf atas rilis penangkapan rokok ilegal sebanyak 500 ribu batang di Muarabulian, Kabupaten Batanghari beberapa waktu. Saat itu, pihak Bea Cukai menyebutkan jika rokok ilegal tersebut masuk lewat Pelabuhan Roro Kualatungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar)

"Pihak Bea Cukai minta maaf dengan adanya pemberitaan di media minggu lalu, yang membuat nama Pelabuhan Roro kurang bagus," kata Kepala Dinas Perhubungan Tanjabbar, Samsul Jauhari melalui pesan WhatsAapp, Senin (13/12).

"Pihak Bea Cukai akan memberikan klarifikasi ke media untuk meluruskan fakta dan data yang sebenarnya di lapangan," ujar Samsul menambahkan.

Lebih lanjut, Samsul menyampaikan ke depan koordinasi antara Bea Cukai, Dinas Perhubungan dan Kepolisian akan lebih ditingkatkan, agar tidak lagi terjadi miskomunikasi di lapangan.

"Ke depan akan lebih ditingkatkan lagi koordinasi dan komunikasi antara petugas terkait di Pelabuhan Roro Kualatungkal sehingga tidam terjadi lagi miskomunikasi," kata Samsul.

Ditambahkan Samsul, dengan adanya klaifikasi dari pihal Bea Cukai maka persoalan tersebut selesai. "Dengan adanya klarifikasi pihak Bea Cukai hari ini maka masalah pemberitaan yang terjadi kemarin sudah dianggap selesai," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Jambi melakukan penangkapan barang bukti rokok ilegal berupa rokok Luffman merah sebanyak 480 ribu batang dan rokok Luffman silver sebanyak 20 ribu batang, dengan nilai total keseluruhan kerugian negara sekitar Rp 277.500.000.

Rokok ilegal yang diangkut menggunakan mobil pick up Mitsubishi Colt Diesel dengan nomor polisi BH 8762 EJ itu diamankan di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Rengas Condong, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari pada Jumat (3/12/2021) lalu sekira pukul 12.20 WIB.

Penangkapan itu berawal dari informasi yang diterima Tim P2 Bea Cukai Jambi jika akan ada pengiriman rokok ilegal melalui Pelabuhan Roro Kualatungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), menggunakan mobil pick up Mitsubishi Colt Diesel.

Tim P2 Bea Cukai Jambi begerak menuju Kualatungkal. Setibanya di Kualatungkal, Tim P2 Bea Cukai Jambi langsung melakukan penyisiran, namun mobil yang mengangkut rokok ilegal tersebut tidak ditemukan.

Tim mendapat informasi jika mobil yang menjadi target operasi sudah bergerak dari Kualatungkal dan telah melintas di kawasan Mendalo, Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muarojambi.

Tim kemudian bergerak cepat menuju Mendalo, dan setelah dilakukan penyisiran target juga tidak ditemukan. Selanjutnya Tim P2 memperoleh informasi jika mobil yang menjadi target sudah bergerak ke Muarabulian, Kabupaten Batanghari. Baru sekitar pukul 12.00 Tim P2 Bea Cukai Jambi tiba di Muarabulian.

Setibanya Muarabulian tim kemudian melakukan penyisiran, mobil yang menjadi target operasi berhasil ditemukan dan diamankan di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Rengas Condong, Kecamatan Muarabulian, Kabupaten Batanghari.

Sebelumnya, Kepala Dishub Tanjabbar, Samsul Jauhari juga telah memberikan bantahan, bahwa pada hari dan tanggal yang disebutkan pihak Bea Cukai tidak ada mobil Mitsubishi Cold Diesel BH 8762 EJ yang masul melalui Pelabuhan Roro Kualatungkal.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments