Minggu, 4 Desember 2022

Banjir Mulai Ancam Warga Bantaran Sungai di Bungo

Selasa, 14 Desember 2021 | 09:44:31 WIB


Salah Satu rumah warga Dusun Pulah Jelmu, Kecamatan Jujuhan Ilir, Kabupaten Bungo yang terendam banjir
Salah Satu rumah warga Dusun Pulah Jelmu, Kecamatan Jujuhan Ilir, Kabupaten Bungo yang terendam banjir / Metrojambi.com

 MUARABUNGO - Warga Kabupaten Bungo yang bermukim di bantaran sungai, kembali terancam banjir. Munculnya ancaman ini akibat intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir.

Sejumlah sungai besar yang melintas di Kabupaten Bungo, saat ini terpantau mengalami pasang. Seperti Sungai Batang Bungo, Sungai Batang Tebo dan Sungai Batang Jujuhan.

Bahkan, saat ini sejumlah rumah di beberapa titik sudah terendam banjir. Salah satunya di Dusun Pulau Jelmu, Kecamatan Jujuhan Ilir.

Sebanyak 17 unit rumah warga sejak Senin (13/12) kemarin terendam banjir. Namun, pada sore hari air sudah mengalami penyusutan.

Rio Dusun Pulau Jelmu, Masrodi saat dikonfirmasi menyebutkan saat banjir melanda ketinggian air mencapai setengah meter. “Air mulai masuk ke pemukiman warga sekira pukul 10.00 WIB," kata Masrodi.

Warga yang rumahnya terendam terpaksa diungsikan sementara ke tempat yang lebih aman. Hal itu dilakukan untuk menghindari korban jiwa jika kondisi banjir semakin besar.

"Korban banjir untuk sementara mengungsi di gedung TP PKK Pulau Jelmu. Kita khawatir ada banjir susulan,” ucap Masrodi.

Sementara itu Camat Jujuhan, Syafrizal yang turun ke lokasi banjir meminta warga yang berada di sekitar sungai dan kawasan rendah untuk tetap berhati-hati dan waspada terjadinya banjir.

"Cuaca sekarang tak menentu, makanya kita minta masyarakat untuk tetap waspada dan selalu berhati-hati," tegasnya.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments