Selasa, 4 Oktober 2022

Angka Pengangguran di Tebo Alami Peningkatan

Rabu, 15 Desember 2021 | 07:50:12 WIB


Ilustrasi
Ilustrasi /

 MUARATEBO - Angka pengangguran di Kabupaten Tebo tahun 2021 mengalami peningkatan. Terhitung dari Januari hingga Desember 2020 lalu, para pencari kerja (Pencaker) di Kabupaten Tebo sekitar 5.225 jiwa.

Sementar untuk tahun 2021 ini, jumlah pencari kerja dari bulan Januari hingga bulan November sudah mencapai 5.471 orang.

"Para pencari kerja ini mayoritas tamatan SMA dan Strata 1," kata Kasi PPTK Sater Disperindagnaker Tebo, Astuti Harahap, Rabu (15/12).

Dikatakannya, data pencari kerja yang masuk belum sampai bulan Desember, tetapi hingga akhir November sudah terdata 5.471 orang.

Menurutnya, banyak perusahaan di Kabupaten Tebo yang membuka lowongan kerja (Loker) tanpa memberitahukan ke Disperindag Naker Tebo.

Sehingga pihaknya tidak bisa memantau dan juga menginformasikan kepada para pencari kerja yang ada di Kabupaten Tebo.

"Ke depan kita minta semua perusahaan untuk menginformasikan ke kita ketika membuka lowongan pekerjaan, agar kita bisa menginfokan kepada masyarakat. Ini salah satu langkah pemerintah untuk bisa mengurangi angka pengangguran," katanya.

Sementara itu, salah satu pencari kerja, Ivandri Anwar mengaku telah beberapa kali memasukkan lamaran baik di perusahaan yang ada di Kabupaten Tebo maupun perusahaan lainnya, namun hasilnya belum ada.

"Rata-rata yang masuk bekerja di wilayah Tebo itu masyarakat luar. Kita masyarakat Tebo sendiri kesulitan untuk bekerja di tempat sendiri," katanya.


Penulis: Suci Ramadhan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments