Selasa, 9 Agustus 2022

Bupati Batanghari Dukung KUD Makmur Rezeki yang Sukses Melakukan Replanting Bersama Asian Agri

Rabu, 15 Desember 2021 | 13:17:50 WIB


/ istimewa

 

Batanghari - Bupati Batanghari, Muhammmad Fadil Arif mendukung suksesnya program replanting (peremajaan) kebun sawit di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.
 
Dukungan itu ditunjukan Bupati Muhammmad Fadil Arif dengan menghadiri penanaman perdana kelapa sawit yang dilakukan KUD Makmur Rezeki, Desa Bulian Jaya, Kecamatan Marosebo Ilir, Senin (13 /12/2021).
 
KUD Makmur Rezeki merupakan kelompok usaha desa binaan Asian Agri, anggota dari Group Royal Golden Eagle (RGE), yang mengikuti replanting kelapa sawit pola kemitraan.
 
Di sela kunjungannya, Bupati berpesan, kesempatan bermitra dengan Asian Agri harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh KUD Makmur Rezeki. "Asian Agri merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang telah berpengalaman dan profesional dalam pengelolaan kebun sawit di Provinsi Jambi. Tak hanya di Jambi, Asian Agri juga memiliki kebun sawit di dua provinsi lainnya, Sumatera Utara dan Riau," ungkap Bupati.
 
Kesempatan bermitra program replainting dengan Asian Agri melalui unit bisnisnya  PT IIS adalah peluang bagi KUD Makmur Rezeki. "Sudah tepat sekali pilihan KUD Makmur Rezeki untuk bermitra dengan PT IIS, dengan penggunaan bibit Topaz yang sudah terbukti dan teruji akan menghasilkan produktivitas yang tinggi," sebut Bupati.
 
Bupati juga menghimbau, agar petani-petani yang tergabung dalam KUD Makmur Rezeki dapat mengikuti program replanting pola kemitraan ini dengan baik.
 
"Jika dilihat dari data yang dikeluarkan Disbun, produktivitas kebun petani sangatlah tidak produktif. Salah satu faktor penyebabnya adalah bibit sawit yang dipilih. Kita tahu bahwa Asian Agri memiliki bibit sawit unggul Topaz. Semoga replanting dengan menggunakan bibit Topaz dapat menambah produktivitas tandan buah segar sawit dan umur tanam mencapai 30 tahun," beber Bupati.
 
Bupati Batanghari mengajak petani sawit lainnya meniru langkah yang dilakukan KUD Makmur Rezeki dalam menyukseskan program replanting. "Kegiatan seperti ini dapat ditiru KUD  lain, sehingga petani sejahtera di masa mendatang," harapnya.
 
Tanam perdana dalam rangka replanting pola kemitraan kebun sawit KUD Makmur Rezeki dihadiri Wakil Bupati Batanghari H. Bahtiar; Sekda Batanghari; Kadisbun Batanghari; Camat Marosebo Ilir; Danramil Muara Bulian; Kapolsek Marosebo Ilir, tokoh masyarakat dan para petani.
 
Sementara itu, Ketua KUD Makmur Rezeki mengklaim bahwa KUD yang dipimpinnya merupakan perintis replanting pola kemitraan yang menggunakan dana bantuan dana BPDPKS sebesar Rp 30 juta dan dana pinjaman dari Bank BSI (P1-P2) dengan perusahaan sebagai penjamin atau avalis.
 
Ketua KUD Makmur Rezeki mengucapkan terimakasih kepada Asian Agri – PT IIS yang telah membina petaninya sejak dari generasi 1 hingga generasi 2 saat ini. 
 
"Kami yakin dengan menggunakan bibit Topaz, petani akan mendapatkan hasil dua kali lipat dari penghasilan generasi pertama. Untuk tahap kedua, KUD Makmur Rezeki mengusulkan agar segera melakukan  MoU," katanya.
 
KUD Makmur Rezeki juga mengucapkan terimakasih kepada BSI dan Dinas Perkebunan yang sudah memberikan kesempatan petani memperoleh pembiayaan dalam pengelolaan replanting. (*)

Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments