Rabu, 8 Februari 2023

Jelang Nataru, Harga Cabai Merah di Sarolangun Alami Kenaikan

Rabu, 22 Desember 2021 | 08:43:45 WIB


Kepala Disperindagkop Sarolangun Trianto
Kepala Disperindagkop Sarolangun Trianto / Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Menjelang perayaan natal dan tahun baru (Nataru) 2022, harga komoditi cabai merah besar mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Sarolangun Trianto mengatakan, dalam beberapa minggu terakhir, pihaknya telah melakukan pemantauan harga kebutuhan pokok di pasaran.

"Hampir setiap hari kita survei dan per minggu dilaporkan ke provinsi dan pusat. Perkembangan harga di pasaran diketahui, beberapa komoditi mengalami kenaikan dan penurunan harga," ujarnya, Rabu (22/12).

Diantaranya harga cabai merah besar, pada 2 Desember 2021 dibandrol dengan Rp 28.000 perkilogram dan per 16 Desember 2021 naik menjadi Rp 35.000 perkilogram.

Trianto menjelaskan, untuk beberapa komoditi lainnya tidak mengalami kenaikan yang begitu signifikan. "Tidak ada yang terlalu menonjol, kemarin ada minyak mengalami kenaikan," jelasnya.

Ia berharap, ke depan harga-harga di pasaran tersebut dapat terus stabil dan tidak sulit didapat masyarakat maupun bagi para pedagang.

Disperindagkop Sarolangun juga akan memastikan ketersediaan gas bagi masyarakat jelang natal dan tahun baru 2022.

Ini diketahui setelah pihaknya beberapa kali turun ke pangkalan gas. Agen maupun pangkalan juga sudah diingatkan untuk mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Harga gas elpiji subsidi harus mengacu pada SK Gubernur, sesuai apa yang disampaikan pemerintah," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan dan laporan dari agen, saat ini stok gas hingga natal dan tahun baru masih tersedia. "Ada beberapa agen yang mengatakan cukup dan ada beberapa yang kurang, nanti akan kita dudukkan bersama dimana letak kekurangannya," katanya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments