Senin, 4 Juli 2022

Dua Minggu Sampah Menumpuk di Pasar Kersiktuo, Tebarkan Bau Busuk

Selasa, 28 Desember 2021 | 09:38:27 WIB


Tumpukan sampah di Pasar Kersiktuo, Kerinci
Tumpukan sampah di Pasar Kersiktuo, Kerinci / Metrouambi.com

KERINCI - Kerinci sebagai daerah tujuan wisata masih jauh dari pengelolaan yang baik. Buktinya,di pusat wisata Kayuaro sampah-sampah dibiarkan bertumpuk tak terurus.

Pantauan Metrojambi.com, sampah menumpuk dan menebar bau busuk di Pasar Kersiktuo. "Sudah dua minggu sampah ini gak diangkut," ujar Lia, warga Pasar Kersiktuo, Selasa (28/12).

Tumpukan sampah tersebut berasal dari aktivitas pasar kalangan yang ramai setiap Sabtu. Seharusnya, sehari setelah hari pasar sampah-sampah tersebut sudah diangkut.



Tapi justru malah sampah sisa pekan sebelumnya masih bertumpuk, sehingga selain menebar bau busuk juga merusak keindahan daerah ini. Para pedagang harian di pasar ini mengeluhkan pengunjung jadi sepi.

"Sebagai daerah wisata utama, seharusnya Pasar Kersiktuo ini sudah bersih dari sampah. Apalagi ini menjelang tahun baru," ujar Joni Rizal, tokoh Kayuaro.

Setiap tahun, Kayuaro menjadi sentral perhatian wisatawan dari berbagai daerah bahkan luar negeri. Wisatawan datang untuk mengisi liburan dan merayakan pergantian tahun sambil menikmati indahnya objek-objek wisata di kawasan ini.

Di antara objek wisata favorit adalah puncak Gunung Kerinci, perkebunan teh Kayuaro, Dananu Gunung Tujuh, Danau Bento, Tirai Embun, dan lain-lain. Hotel-hotel dan homestay yang menjamur di Kayuaro bahkan kini sudah full booked.


Penulis: mrj
Editor: Ikbal Ferdiyal/mrj



comments