Kamis, 26 Mei 2022

Prioritaskan Atlet Peraih Medali PON, KONI Jambi Terapkan Sistem Promosi Degradasi

Kamis, 06 Januari 2022 | 10:51:42 WIB


Ketua KONI Provinsi Jambi Budi Setiawan
Ketua KONI Provinsi Jambi Budi Setiawan /

 JAMBI - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi Budi Setiawan kepada Metro Jambi mengatakan, dirinya optimis prestasi olahraga Jambi bisa lebih baik lagi ke depannya.

Untuk tahun 2022 ini, Budi mengatakan KONI Jambi memiliki sejumlah program prioritas, salah satunya melakukan pembinaan terhadap atlet yang berhasil menorehkan prestasi pada PON Papua 2021 lalu.

“Atlet yang di PON Papua kemarin berhasil meraih prestasi akan kita ikutkan dalam pemusatan latihan, untuk terus kita bina. Mereka ini merupakan modal untuk nantinya kita bawa ke PON Aceh-Sumut,” kata Budi.

Menurut Budi, pemusatan latihan sangat penting dilaksanakan. Lewat pemusatan latihan, kata Budi, kemampuan atlet bisa lebih dipantau. “Lewat pemusatan latihan kita bisa melihat sejuah mana semangat dan latihan mereka (atlet, red) utuk PON Aceh-Sumut,” ujarnya.

Dengan diadakannya pemusatan latihan, terutama bagi atlet yang meraih medali di PON Papua 2021, Budi yakin Jambi bisa meraih prestasi lebih baik di PON Aceh-Sumut. “Karena kita sudah punya modal atlet yang berprestasi di PON Papua kemarin, yakni sebanyak 41 orang,” kata Budi.

Selain atlet peraih medali di PON Papua, Budi mengatakan pihaknya juga terus melakukan pembinaan dan monitoring ke seluruh cabang olahraga, untuk memantau atlet-atlet baru yang nantinya bisa dibawa ke PON Aceh-Sumut.

Ditambahkan Budi, semua cabor menjadi prioritas KONI Jambi untuk dibina. Namun demikian, Budi mengatakan pihaknya akan membuat sistem atau aturan degradasi dan promosi yang berlaku bagi setiap cabor.

“Dengan aturan degradasi dan promosi ini, cabor berprestasi akan kita beri kesempatan untuk diprioritaskan, dan yang belum berpretasi akan kita degradasi. Insya Allah dengan adanya aturan ini akan memberikan motivasi dan semangat bagi seluruh cabor untuk berlomba-lomba mengejar prestasi,” kata Budi.

Dukung pembangunan sport center

Budi meyakini jika Gubernur Jambi Al Haris sangat cinta dengan olahraga. Hal ini dibuktikan dengan akan dibangunnya sarana dan prasarana olahraga, salah satunya sport center.

“Kami sangat senang jika venue untuk olahraga dibangun. Insya Allah target pak Gubernur 2024 nanti rampung. Nanti cabor kita yang belum ada venue akan dibangun di sana (sport center, red),” beber Budi.

Mantan ketua KONI Kota Jambi itu juga memohon doa dari seluruh masyarakat Jambi, agar pembangunan sport center berjalan lancar dan sukses. “Spor center ini nantinya akan menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Jambi yang mencintai olagraga,” ujarnya.

Sementara itu, terkait anggaran Rp 8 miliar yang dialokasikan Pemerintah Provinsi Jambi untuk bidang olahraga, Budi mengatakan pihaknya akan semaksimal mungkin mengelola dana tersebut.

Dikatakan Budi, pihaknya memaklumi jika pemerintah saat ini masih memfokuskan anggaran untuk penanganan Covid-19. “Kami dari KONI sangat memaklumi. Justru ini menjadikan kami semakin semangat dalam pembinaan cabang olahraga. Ini tantangan bagi kami,” kata Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan, pihaknya akan terus bersinergi dan mendukung semua kebijakan Pemerintah Provinsi Jambi, terutama di bidang olahraga.

Budi juga meminta dukungan dari semua pihak, tidak hanya pemerintah daerah, untuk bersama-sama memajukan olahraga Jambi. “Mari kita bersama-sama memajukan olahraga Jambi,” tandasnya.


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor:


TAGS:


comments