Senin, 3 Oktober 2022

Tonggak Peduli Semeru, dari 'Ngamen' di Jalanan Hingga Gedung Teater Arena TBJ

Minggu, 09 Januari 2022 | 20:21:21 WIB


/ istimewa

JAMBI - Teater Tonggak Jambi melakukan aksi galang dana peduli Semeru dengan cara 'Ngamen' turun ke jalan hingga gedung Teater Arena Taman Budaya Jambi-kota Jambi.

"Ini merupakan salah satu yang terus kami pupuk, tentang rasa kemanusiaan melalui kesenian dengan kata lain memanusiakan manusia. Atas peristiwa dan musibah bagi saudara kita pada bencana Semeru, kami ingin turut memberikan bantuan," ujar Hendry Nursal, Sekretaris Teater Tonggak, Sabtu (08/01/2022).

Teater tonggak mengundang para seniman, pelajar, mahasiswa, hingga tokoh masyarakat menyaksikan musikalisasi puisi dari Teater Alief MAN 2 Jambi, lalu pergelaran Teater berjudul 'Ipoh' Karya Arthur S Nalan, Sutradara Hendry Nursal yang diperankan Salira Ayatusyifa.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa hormat atas kesediaan waktu bapak Wakil Walikota Jambi untuk hadir malam ini. Kami mengundang ini atas rasa kemanusiaan. Seni itu memanusiakan manusia, inilah salah satu bentuknya,” jelasnya Hendry Nursal.

Menariknya juga ada pembacaan puisi secara langsung dari para seniman dan tokoh-tokoh yang diundang seperti Didin Siroz, EM Yogiswara, Oky Akbar, Ramayani, Riance Juskal, Ali Surakhman, Titas Suwanda, Parida, Zander R Subagja, Jalal BMH dan lainnya.

"Pembacaan puisi memang kita buka untuk para seniman dan tokoh yang hadir. Kami memungut tiket masuk ke gedung arena, namun seluruh hasil penjualan tiket secara utuh kami sumbangkan,’’ katanya didampingi Ari Wibowo selaku Ketua Pelaksana Tonggak Peduli Semeru.

Tidak hanya para seniman, Wakil Walikota Jambi Dr dr H Maulana MKM yang hadir di Taman Budaya Jambi Sabtu malam (09/01/2022) juga membacakan puisi.

"Seni itu ialah keindahan. Saya tidak ahli dalam hal ini, salam hormat saya untuk semua seniman, budayawan dan para tokoh yang hadir malam ini. Izinkan saya membaca satu puisi," kata Maulana.

Di Taman Budaya Jambi (TBJ) merupakan malam puncak dari rangkaian Tonggak Peduli Semeru, karena sebelumnya aksi turun ke jalan dengan cara 'Ngamen'

"Sebelumnya pada Car Free Day di area perkantoran Gubernur Jambi, 12 Desember 2021. Lalu Car Free Night di Tugu Keris-Kotabaru, 18 Desember 2021 ada pembacaan puisi dan musikalisasi puisi," kata Hendry yang notabene merupakan Ketua Pelaku Teater Indonesia Korda provinsi Jambi.

"Dua lokasi tersebut dapat kami laporkan terkumpul senilai 1.875.200 rupiah dan untuk malam ini senilai 3.144.000. Selain itu juga ada sumbangan secara tunai dari Ketua DPW Partai Perindo Provinsi Jambi bapak Hendry Attan. Total keseluruhan 8.019.200,- yang diserahkan ke BMH 7.019.200,- lantas ada juga kami gunakan senilai 1.000.000,- untuk kebutuhan konsumsi, transportasi para pengisi dan tenaga teknis selama kegiatan," kata Hendry menambahkan.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments