Senin, 3 Oktober 2022

Polsek Kotabaru Gelar Vaksinasi Anak Merdeka

Senin, 10 Januari 2022 | 22:05:22 WIB


Kapolsek Kota Baru Kompol Dhadhag Anindito saat memantau pelaksanaan vaksinasi.
Kapolsek Kota Baru Kompol Dhadhag Anindito saat memantau pelaksanaan vaksinasi. / Metrojambi.com

JAMBI - Dalam rangka penanggulangan Covid-19, Polsek Kotabaru menggelar Vaksinasi Anak Merdeka untuk usia 6 - 11 tahun di SDN 64 Kelurahan Simpang Tiga Sipin Kota Jambi, Senin (10/1/2022).

Vaksinasi Covid-19 massal tersebut, tampak ramai anak- anak mengantre menunggu giliran di suntik vaksin oleh tim medis.

Kapolsek Kotabaru, Kompol Dhadhag Anindito mengatakan jumlah peserta yang mengikuti vaksinasi Covid-19 sebanyak 537 orang. Dimana 532 orang dosis 1 dan 5 orang dosis 2.

"Vaksin untuk anak-anak ini kita menyediakan Vaksin Coronavac dam Pfiser, Alhamdulillah hari ini peserta anak sekolah yang mengikutinya ramai," ujarnya.

Ia menjelaskan anak-anak peserta vaksin pertama kali diberikan kartu kendali pelayanan Vaksin Covid-19 dan diberikan nomor antrian. Kemudian, menuju meja Skrining dimana petugas kesehatan melakukan anamnesa (wawancara) dan pemeriksaan fisik sederhana untuk melihat kondisi kesehatan dan mengidentifikasi kondisi peserta (Komorbid). Screening dilakukan dengan menggunakan aplikasi Pcare.

Setelah itu, para peserta melapor ke petugas pendaftaran melakukan verifikasi dengan NIK dan daftar sasaran yang didapat dari aplikasi Pcare. Selanjutnya, Petugas memberikan Vaksinasi secara intramuskular sesuai prinsip penyuntikan aman.

"Setelah di suntik vaksin, petugas menuliskan nama Vaksin dan nomor batch Vaksin yang diberikan kepada sasaran pada sebuah memo dan kemudian  di observasi selama 30 menit untuk memonitor kemungkinan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)," jelasnya.

Diketahui, Vaksinasi Anak Merdeka berlangsung hingga pukul 14.35 WIB. Selama kegiatan seluruh anak-anak tampak antusias mengikuti pelaksanaan vaksinasi tersebut. 


Penulis: Novri
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments