Kamis, 26 Mei 2022

BPBD Kerinci akan Bentuk Empat Destana

Rabu, 12 Januari 2022 | 10:38:43 WIB


/ istimewa

KERINCI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci akan membentuk empat Desa Tangguh Bencana (Destana) di tahun 2022 ini.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kerinci Darifus mengatakan, karena keterbatasan anggaran, maka Pemerintah Kabupaten Kerinci hanya mampu mengalokasikan pembentukan Destana untuk empat desa.

Menurutnya, pembentukan Destana ini merupakan upaya dalam rangka menyiapkan masyarakat di wilayah resiko bencana terkait mitigasi bencana alam.

“Destana ini akan kita prioritaskan pada desa-desa yang memiliki resiko atau rawan bencana cukup tinggi, seperti bencana erupsi Gunung Kerinci dan bencana banjir,” kata Darifus, Rabu (12/1/2022).

Saat ini, kata Darifus, pihaknya belum menentukan desa mana saja yang akan menjadi sasaran dalam pembentukan Destana tersebut.

"Kita akan melakukan monitoring terlebih dahulu terhadap desa-desa yang paling berpotensi terjadinya bencana," ungkapnya.

“Sudah ada 16 Destana yang sudah dibentuk di wilayah Kabupaten Kerinci, baik itu yang dibentuk melalui anggaran Pemerintah Provinsi Jambi maupun dari Pemerintah Kabupaten Kerinci,” katanya.


Penulis: Dedi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments