Senin, 16 Mei 2022

Saksi Ngaku Transfer Uang ke Tersangka Apif Firmansyah

Selasa, 11 Januari 2022 | 16:55:23 WIB


Sri Astuti Nengsih
Sri Astuti Nengsih /

 JAMBI - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil sembilan saksi dalam penyidikan dugaan suap terkait pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun 2017 dengan tersangka Apif Firmansyah (AF), orang kepercayaan mantan Gubernur Jambi Zumi Zola.

Sembilan saksi tersebut adalah anggota DPRD Kabupaten Tanjungjabung Timur Dewi Julianti, Tri Ayu Andira, serta Direktur PT Dua Putri Persada Ulfah Hariyani.

Lalu, ada pula beberapa pihak wiraswasta, yakni Dedy Kurniawan, Wijayanto, Wisnu Syahputra, Farmawati, Sri Astuti Nengsih, dan Ari Sesar Hidayah selaku sopir.

Saksi Sri Astuti Nengsih saat ditanyai wartawan usai pemeriksaan mengaku pernah mentransfer uang kepada tersangka Apif Firmansyah.

"Pernah kerabat Apif mengirimkan uang melalui rekening saya di BRI Link. Saya lupa jumlahnya karena sudah lama," kata Sri Astuti yang merupakan pengelola BRI Link asal Tanjab Timur.

Sri Astuti juga mengaku ditanyai penyidik mengenai uang yang ditransfer tersebut. Dikatakan Sri, ia tidak mengetahui asal usul uang itu.

"Saya dengan Apif juga tidak kenal, cuma tahu nama saja. Kita kan usaha, jadi ya kita transfer saja. Ada beberapa kali saya transfer," katanya.

Saksi lainnya, Fatmawati saat ditanyai wartawan usai pemeriksaan mengaku tidak kenal dengan tersangka Apif Firmansyah. "Saya baru tahu setelah dia ditangkap KPK," kata Fatmawati.

Terkait pemeriksaan, Fatmawati mengaku banyak pertanyaan yang diajukan penyidik. "Salah satunya soal pekerjaan," ujarnya.

Hasanuddin, saksi yang seharusnya diperiksa Senin (10/1/2022) kemarin, tidak banyak bicara saat ditanyai wartawan usai pemeriksaan. Namun ia mengaku kenal dengan tersangka Apif Firmansyah.

"Kenal-kenal gitu bae," kata Hasanuddin.

Sementara itu dari informasi yang diperoleh Metrojambi.com, saksi Dewi Julianti, anggota DPRD Tanjabtim yang juga adik tersangka Apif Firmansyah yang seharusnya juga diperiksa hari ini, ternyata sudah dipersa Sabtu (8/1/2022) lalu.

"Dia datang lebih awal dari jadwal pemanggilan karena ada kegiatan lain," kata sumber Metrojambi.com.


Penulis: nov/fdy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments