Senin, 15 Agustus 2022

JNE Bantu UMKM Tetap Lancar Distribusikan Produk di Tengah Pandemi Covid-19

Rabu, 05 Januari 2022 | 13:21:42 WIB


Petugas JNE Cabang Jambi saat melayani salah seorang kunsumen yang akan mengirimkan barang
Petugas JNE Cabang Jambi saat melayani salah seorang kunsumen yang akan mengirimkan barang / Metrojambi.com

JAMBI - Sejumlah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jambi tetap menunjukkan ketangguhannya di tengan pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih belum berakhir.

Menjalin kerjasama dengan JNE, sejumlah pelaku UMKM di Jambi tetap dapat mendistribusikan produknya dengan lancar kepada konsumen, bahkan yang berada di luar daerah.

Venny Septia Monica selaku owner Dendeng Pusako dalam kegiatan ngobrol bareng UKM Jambi yang digelar secara daring beberapa waktu lalu menyampaikan, pihaknya sudah menjalin kemitraan dengan JNE sejak 2020 lalu.

Dikatakan Venny, usaha yang dirintis oleh orang tuanya sejak tahun 1998 itu sempat terdampak pandemi Covid-19, dimana penjualan produk mengalami penurunan. Maka dari itu, Venny harus memutar otak bagaimana agar usaha tersebut tetap bisa berjalan.

Akhirnya, Venny mencoba untuk menjalin kerjasama dengan JNE guna memasarkan produknya. Dengan kerjasama tersebut, usaha Dendeng Pusako hingga saat ini tetap dapat melayanai konsumennya dengan baik, bahkan yang berada di luar daerah.

“Satu-satunya partner pengiriman kami dalam satu tahun ini hanya JNE. Selain terpercaya, cabangnya juga banyak,” kata Venny dalam kegiatan ngobrol bareng tersebut.

Venny juga mengaku puas dengan kinerja pihak JNE dalam membantu usahanya. Bahkan Venny menyebut kerja tim JNE sangat rapi dan terstruktur.

“Ketika ada masalah, kita langsung dibantu sama tim JNE. Kadang kan kita lupa masukkan kode booking, itu dikasih tahunya cepat. JNE sistemnya sudah sangat rapi, timnya sudah terstruktur,” bebernya.

Lebih lanjut Venny mengatakan, sejauh ini pihaknya belum ada niat untuk beralih ke jasa ekspedisi lainnya. “Di JNE saja,” ujarnya.

Owner Batik Berkah, Rifdathul Khoiro yang turut hadir dalam kegiatan ngobrol bareng UKM Jambi tersebut juga mengatakan sudah sekitar satu tahun menjalin kerjasama dengan JNE.

“Awalnya saya sering ngirim paket sendiri. Terus ada yang nawari, daripada capek bolak balik mending kerjasama saja, dan ini free ongkir dijemputnya. Saya pikir ini menarik. Dan sejak 2020 kami kerjasama dengan JNE,” kata Rifda.

Ia pun mengajak pelaku UMKM lainnya untuk menjalin kerjasama dengan JNE, agar lebih mudah dalam mengirimkan produk kepada konsumen. “Kita tidak ada minimal transaksi, yang penting ada pengiriman setiap bulannya,” ujarnya.

Sementara itu Sales Marketing JNE Express Jambi Muhammad Fathir menyampaikan, JNE tidak hanya fokus mengantarkan paket, namun turut peduli dan menyejahterakan sesama maupun lingkungan.

“JNE Jambi siap berkolaborasi dengan UMKM sesuai kapasitas JNE di jasa pengiriman untuk memberikan solusi bagi teman-teman UMKM yang belum online maupun yang mau mengembangkan potensi usahanya,” kata Fathir, Selasa (4/1/2022).

Fathir menyebutkan, bagi para pelaku UMKM yang ingin mengirimkan produknya melalui JNE Express bisa mendapatkan potongan harga bahkan gratis biaya ongkos kirim (Ongkir) dengan tujuan tertentu.

Ditambahkan Fathir, pihaknya juga ada program gratis ongkir untuk pengiriman Kota Jambi selama 1 bulan pertama. “Setelah itu, kita bebankan biaya pengiriman flat Rp 10 ribu setiap pengiriman dalam kota Jambi,” ujarnya.

Selain itu, JNE juga ada program “Ngajak Online” dengan mengusung tema GOLL..ABORASI Bisnis Online, untuk memberikan edukasi mengenai stategi penualan digital untuk meningkatkan potensi UMKM.

Lebih lanjut Fathir mengatakan, tidak ada syarat khusus bagi pelaku UMKM yang ingin bekerjasama dengan JNE Express. Caranya cukup mudah, hanya dengan menunjukkan produk serta lampirkan alamat lengkap ke Customer Service (CS) di kantor JNE Express yang beralamat di Jalan Sri Rejeki No.10, Sulanjana, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

Selain itu, bisa juga menghubungi langsung tim marketing JNE Express Jambi melalui Direct Message (DM) Instagram @jne.jambi.

"Syarat khusus tidak ada untuk penjual UMKM, asalkan produk sendiri bisa kita proses bantu mempermudah pengirimannya melalui JNE Express," jelasnya.

Hingga saat ini, Fathir mengatakan ada sekitar 20 UMKM di Jambi yang telah bekerja sama dengan JNE Express untuk membantu pengiriman barang.

"Kami ingin memberikan solusi bagi teman-teman UMKM untuk memajukan bisnisnya," pungkasnya. #JNE31tahun #JNEMajuIndonesia


Penulis: Ikbal Ferdiyal
Editor: Sabar



comments