Kamis, 26 Mei 2022

12 Ribu Stok Vaksin Kodim Sarko Diprioritaskan untuk Lansia dan Anak

Selasa, 18 Januari 2022 | 19:42:37 WIB


Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis
Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis / Metrojambi.com

 SAROLANGUN - Sebanyak 12 ribu stok vaksin di Kodim 0420/Sarko diprioritaskan untuk masyarakat lanjut usia (lansia) dan anak-anak usia 6 hingga 11 tahun.

Dandim 0420 Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis mengatakan, target Presiden RI di bulan April nanti 100 persen masyarakat harus selesai di vaksin Covid-19.

"Untuk vaksinasi saat ini, sebagaimana kita ketahui bahwa Sarolangun telah mencapai 74 persen vaksin untuk dosis pertama. Oleh karena itu masih ada yang harus kita lanjutkan yaitu sebanyak 26 persen," kata Tomi, Selasa (18/1/2022).

Menurut Tomi, saat ini pihaknya sudah mulai melanjutkan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun tersebut. Lebih lanjut, dengan adanya pelaksanaan itu diharapkan seluruh anak-anak bisa di vaksin Covid-19.

"Kodim sendiri dalam hal ini memiliki vaksin sebanyak 12 ribu stok, yang akan kita gunakan prioritas pertama adalah lansia dan anak-anak," ujarnya.

Tomi juga mengatakan jika pihaknya terus mengajak, mengimbau, serta memberi pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi tersebut.

Selain itu, Tomi mengatakan pihaknya juga akan menekan kepala desa hingga ketingkat RT dan dusun untuk lebih pro aktif membantu pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi itu.

"Pekerjaan vaksin ini bukan hanya pemerintah daerah Forkompinda saja, tetapi semua termasuk kepala desa, kepala dusun sampai dengan tingkat RT bahu membahu untuk mengajak masyarakat di vaksin," ungkapnya.

Tomi juga memberikan strategi, bila mana vaksin tersebut tidak bisa dilaksankan siang hari oleh masyarakat dikarenakan rutinitas maka bisa di fleksibel kan jadwal pelaksanaannya.

Tomi juga membeberkan bahwa vaksin yang dilaksanakan oleh TNI memiliki target 20 persen dari jumlah penduduk di suatu daerah.

"Kalau Sarolangun target regulernya 216 ribu di vaksin, maka TNI memiliki jatah sama dengan Polri dengan artian Pemda 60 dan TNI/Polri 20," katanya.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments