Senin, 23 Mei 2022

Jaksa Masuk Sekolah, Program Kejari Agar Pelajar Melek Hukum

Jumat, 21 Januari 2022 | 16:53:42 WIB


/ Metrojambi.com/ist

 JAMBI - Kepala Kejaksaan Negeri Batanghari Sugih Carvallo, SH MH, bersama Kepala Seksi Intelijen Aulia Rahman, SH dan staf Intelijen mengikuti kegiatan jaksa masuk sekolah (JMS) di SMK Negeri 2 Batanghari.

Di hadapan para siswa Sugih menjelaskan bahwa jaksa masuk sekolah merupakan program Kejaksaan Agung RI dan jajaran Korp Adhyaksa di seluruh wilayah Indonesia yang lahir berdasarkan Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : 184/A/JA/11/2015 tanggal 18 Nopember 2015 tentang Kejaksaan RI mencanangkan program jaksa masuk sekolah.

Program ini merupakan upaya inovasi dan komitmen Kejaksaan RI dalam meningkatkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus dimana para pelajar memang seharusnya mendapat ilmu hukum sejak dini.

“Program ini bertujuan untuk mengenalkan produk hukum seperti undang-undang serta mengenal keakraban lembaga Kejaksaan dan tupoksinya di kalangan pelajar, di samping fungsi penegakan hukum kejari juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan penerangan hukum," kata Sugih.

Beberapa hal yang disampaikan dalam paparannya adalah potensi pelanggar terhadap Undang-Undang transaksi elektronik (ITE) Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Selain dari kegiatan jaksa masuk sekolah, Kajari Batanghari juga memberikan hibah satu unit kendaraan roda dua kepada SMK Negeri 2 Batanghari, yakni merupakan barang bukti perkara tindak pidana umum yang sudah dilelang dimana perkaranya telah berkekuatan hukum tetap (Inkracht).

“Penyerahan sepeda motor tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kejasaan Negeri Batanghari kepada pihak SMK Negeri 2 Batanghari,” kata Sugih.

Lebih lanjut, Kajari mengatakan bahwa hibah kendaraan ini untuk siswa jurusan teknik sepeda motor, dengan adanya hibah dapat meningkatkan prestasi siswa yakni bisa lebih mendalami dalam praktiknya.

"Harapannya, hibah kendaraan ini bisa menjadi pembelajaran siswa untuk praktik dan memotivasi siswa agar lebih mendalami lagi bidang ilmunya dalam praktiknya” pungkasnya.

Kepala SMK Negeri 2 Batanghari Edison, S.Pd sangat mengapresiasi adanya program JMS tersebut. Dengan pemahaman hukum sejak dini akan membantu proses pembentukan karakter serta anak bangsa yang berbasis hukum.

"Insya Allah dengan memahami dan mentaati hukum anak bangsa ini akan menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan, serta bisa diharapkan menjadi pemimpin-pemimpin masa depan. Kemudian ucapan yang tak terhingga kepada Kepala Kejaksaan Negeri Batanghari selama menjadi kepala sekolah di Batanghari baru kali ini pak Kajari datang langsung ke sekolah dalam kegiatan JMS dan mengucapkan banyak terima kasih dengan dihibahkannya sepeda motor untuk praktik siswa memang kami kekurangan alat praktik selama ini," kata Edison.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments