Rabu, 25 Mei 2022

Tim Terminator Banten Juarai Lomba Burung Merpati Kolong di Jambi

Senin, 24 Januari 2022 | 05:50:47 WIB


Perlombaan merpati kolong di Jambi
Perlombaan merpati kolong di Jambi / ANTARA/HO-Lapak 98 Jambi

JAMBI - Tim Terminator dari Banten meraih gelar juara pada perlombaan burung merpati kolong yang digelar Komunitas Merpati Kolong Jambi di lapangan Lapak 98, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, Minggu (23/1/2022).

Acara ini berlangsung meriah dan diikuti sekitar 700 peserta dari puluhan komunitas merpati kolong yang ada di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Ketua panitia acara, Aling mengatakan bahwa acara ini diikuti oleh berbagai komunitas merpati Kolong, bahkan ada yang datang dari pulau Jawa membawa merpati andalannya untuk bisa bersaing dengan merpati lainnya.

"Puji syukur, kegiatan hari ini ini berjalan lancar, acara ini sendiri diikuti komunitas merpati kolong dari Brebes, Lampung, Palembang ,Linggau, Bengkulu, Pekanbaru dan kota lainnya, untuk peserta hampir sampai 700 peserta," kata Aling.

Dia menambahkan, dalam kejuaraan ini pihaknya menyiapkan berbagai hadiah menarik bagi para pemenang, termasuk satu unit mobil.

"Untuk hadiahnya Lapak 98 Jambi, menyediakan satu unit mobil Ayla dan ada motor, berbagai macam hadiah menarik serta doorprize," katanya.

Peraturan dalam lomba ini cukup sederhana, merpati jantan akan terbang dari jarak 850 meter untuk menemukan merpati betina yang sudah dipegang para joki masing-masing di garis finis.

"Kategori pemenang itu burung harus lewat kolong atas dan sampai ke kotak bawah, itu yang masuk kategori pemenang juara satunya, untuk jarak burung itu sekitar 850 meter," tambahnya.

Aling berharap, ke depan khusus Jambi untuk lomba burung merpati ini semakin berkembang karena di merpati ini banyak yang dapat dihasilkan terutama lapangan kerja dunia usaha dan lainnya yang dapat menghasilkan adanya kegiatan ini.

Sementara itu, Akmal Firmansyah salah satu pengurus Komunitas Merpati dari Provinsi Banten menyebut bahwa dirinya membawa lima tim dalam kejuaraan ini.

"Kita bawa lima tim dengan total 50 burung untuk turnamen ini, kita memang sedang berkeliling di Sumatera dalam mengikuti event-event seperti ini, dan alhamdulilah menang di Jambi," katanya.

Akmal menambahkan bahwa target dirinya dalam turnamen ini adalah untuk silaturahmi dengan komunitas merpati dari daerah lain.

Setelah dilakukan beberapa tahapan, yang dimulai dari Jumat (21/1) dan final Minggu (23/1), berdasarkan hasil penilaian lomba yang di umumkan oleh pihak panitia, Juara pertama diraih Termator - Afrizal -Falah Calo, juara Kedua PS - BI. Selanjutnya juara Ketiga Bisma -Teguh -Johan - BA, juara Keempat ada Tores - APMS dan juara Kelima King - Wahyu - Handoko.

Juara Keenam Sketer -APMS, juara ketujuh ada Simon -Jetot -SJM, lalu kedelapan Hidaya - Bandung 483, kesembilan ada Jurior -Afrizal - Calaga dan terakhir Hero - CBLA - Ardi.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara


comments