Rabu, 25 Mei 2022

Sekda Tanjabbar Temukan Ada Tiang Penyangga WFC Rusak

Senin, 24 Januari 2022 | 06:02:09 WIB


/ Metrojambi.com

KUALATUNGKAL - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) Ir. H. Agus Sanusi, M.Si meninjau Water Front City (WFC) dan menemukan satu pasak bumi jembatan penyangga yang miring dan rusak akibat ditabrak Kapal Motor (KM) Serba Guna GT 34, Jumat (21/1/2022) lalu.

"Setelah kita cek, memang secara kasat mata ada satu tiang penyangga jembatan yang rusak, miring akibat tertumbur kapal tersebut," kata Agus usai melakukan peninjauan, Minggu (23/1/2022).

Baca juga : Kapal Bermuatan Kelapa Tujuan Guntung Hantam WFC Kualatungkal

Agus meminta kepada instansi terkait untuk melakukan tindak lanjut atas kondisi tiang pasa bumi WFC yang miring itu. Sekda menduga, akibat tiang itu bisa berdampak ke tiang lainnya.

"Namun daripada itu, ini perlu kajian lebih dalam, mengingat tiang jembatan ini saling berhubungan satu sama lain," ujarnya.

Dalam peninjauan itu, Agus didampingi Staf Ahli bidang Hukum Mulyadi, Dinas Perhubungan yang diwakili Junaidi Tanjung, serta Kasat Pol PP Endang Surya.

Dikatakan Agus, Bupati Tanjabbar Anwar Sadat telah memerintahkan Dinas PUPR untuk melakukan mengecek tiang penyangga jembatan tersebut.

Baca juga : Tiang Pondasi WFC Patah Ditabrak Kapal, Kerugian Diperkirakan Rp 100 Juta

"Bila ada yang rusak, harus segera diperbaiki. Dan bila perlu semua tiang jembatan tersebut dicek, dan pemeliharaannya," kata Agus

Sebelumnya, kata Agus, tim juga sudah mengecek kondisi tiang jembatan WFC saat air surut dan hasilnya akan dilaporkan langsung ke Bupati. "Untuk Selanjutnya bersama pihak-pihak terkait akan kita ambil langkah-langkah konkrit agar kejadian ini tidak sampai terulang kembali," sebutnya

Ke depannya, kata Agus, untuk memastikan perawatan dan kondisi di WFC agar tetap terjaga akan dibentuk tim terpadu. Baik dari Satpol PP, kepolisian dan maupun intansi terkait lainnya. Hal itu diperlukan untuk melakukan pemantauan di WFC.

"Kalau melihat ini, nampaknya kita harus membuat pos pelayanan terpadu di objek wisata jembatan WFC ini demi kenyamanan dan keamanan para pengunjung, sehingga potensi ikon wisata Tanjab Barat ini dapat dimaksimalkan," tandasnya.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments