Selasa, 24 Mei 2022

Pelayanan Adminduk Disdukcapil Sarolangun Jangkau Desa Terpencil

Senin, 24 Januari 2022 | 11:30:50 WIB


Ridwan, Kadis Dukcapil Kabupaten Sarolangun
Ridwan, Kadis Dukcapil Kabupaten Sarolangun / Istimewa

SAROLANGUN - Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sarolangun, menggelar pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) di daerah terpencil.

Pelayanan hingga daerah terpencil ini dilakukan untuk mengejar target perekaman e-KTP, kartu keluarga dan akte kelahiran baru.

Kadis Dukcapil Sarolangun Ridwan mengatakan, pihaknya telah melakukan kegiatan diberbagai daerah terpencil dan salah satunya di Kecamatan Mandiangin.

"Dusun Dam Siambang bagian dari desa Pemusiran yang merupakan daerah terpencil, untuk ke lokasi jarak tempuh satu jam perjalanan dari ibukota Kecamatan Mandiangin dengan menggunakan kendaraan double gardan," ujarnya, Senin (24/1/2022).

Ridwan menceritakan, aksi jemput bola yang tengah gencar dilakukan ini dalam rangka menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Pihaknya ditargetkan harus dapat menyelesaikan keseluruhan penduduk Sarolangun bisa memiliki identitas dan tercatat di Disdukcapil.

"Beberapa masyarakat di sana sudah lama tinggal di dusun tersebut, namun masih berstatus warga luar Provinsi Jambi. Untuk itu kita lakukan pemindahan data ke Kabupaten Sarolangun," katanya.

Ridwan membeberkan, dalam perekaman kali itu terdapat lebih kurang 34 warga melakukan perekaman, 32 akta kelahiran dan kematian, lalu 34 kartu keluarga dan 35 kartu pindah datang keluarga.

Selain menyambangi desa-desa terpencil, lanjut Ridwan pihaknya juga aktif mensosialisasikan lewat kerjasama dengan berbagai pihak.

Untuk diketahui, data kependudukan Sarolangun per semester 1 tahun 2021 berjumlah 279.532 orang.


Penulis: Mario Dwi Kurnia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments