Selasa, 24 Mei 2022

Tim PUPR Provinsi Jambi Tinjau Pembangunan Jalan di Tanjabtim

Jumat, 01 Oktober 2021 | 15:49:31 WIB


Dinas PUPR Provinsi Jambi melalui Tim Humas meninjau pembangunan jalan rigit beton di Kecamatan Muarasabak Timur, Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) Jumat (1/10).
Dinas PUPR Provinsi Jambi melalui Tim Humas meninjau pembangunan jalan rigit beton di Kecamatan Muarasabak Timur, Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) Jumat (1/10). / Pratiwi Resti Amalia / Metrojambi

JAMBI - Dinas PUPR Provinsi Jambi melalui Tim Humas meninjau pembangunan jalan rigit beton di Kecamatan Muarasabak Timur, Kabupaten Tanjungjabung Timur (Tanjabtim) Jumat (1/10). Pembangunan jalan tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 25 miliar.

Pantauan Metrojambi.com, lokasi pembangunan terletak di dua kelurahan, yakni Sabak Ilir dan Sabak Ulu, tepatnya di jalan Desa Simpang Berbak sampai Simpang Jembatan Muarasabak.

"Agenda kita hari ini bersama tim meninjau ke lapangan. Melihat progres pengerjaan, kemudian mobilisasi serta respon masyarakat setempat. Apakah masyarakat turut mendukung pembangunan ini atau seperti apa," kata Wahyudi Abdian selaku PPTK Humas PUPR Provinsi Jambi.

Saat ini, mobilitas pengguna jalan dilokasi tampak lancar dimana digunakan sistem buka tutup secara bergantian.

"Mobilitas masih aman, kita gunakan sistem buka tutup. Kalau mobilitas disini kebanyakan pada malam hari," ujar Asisten Pengawas, Nobel Suntara.

Dijelaskan Nobel, untuk progres pembangunan saat ini masih13 persen sejak dimulai kontrak satu bulan lalu.

"Ini termasuk persiapan badan jalan juga, karena kita melihat cuaca juga. Dengan sisa waktu tiga bulan ke depan ini target kita akan selesai sebelum waktunya," ujar dia.

Saat ditanya soal respon dari masyarakat setempat soal pembangunan jalan, Nobel mengaku masyarakat turut mendukung pembangunan yang mana ini jalan itu dapat mempermudah akses pengguna.

"Alhamdulillah masyarakat disini juga men support pembangunan disini. Aman dan terkendali," pungkasnya.

Pembangunan jalan dikerjakan oleh PT Air Tenang dan konsultan PT Global Teknik Multi Desain. Pekerjaan dimulai dari 21 Juni sampai 27 Desember 2021 dengan kontrak 190 hari kalender.

Dengan total keseluruhan pembangunan jalan rigit beton. 2,735 km yang dibagi tiga segmen. Segmen I 940 meter yang berlokasi di Siau Dalam, segmen II 266 meter di depan SMAN 2 Tanjung Jabung, dan segmen III 1 km 529 meter di RT 5 dan 6.

Sementara itu, antara segmen I dan segmen II ada 5 km jalan yang tidak termasuk dalam kontrak. Maka dari itu, untuk penanganan kritis pihak Alkal yang akan menangani.

Pembangunan jalan tersebut tampaknya juga mendapat respon baik dari warga setempat. Hal ini disampaikan oleh salah seorang warga, Ambok Tang.

"Terimakasih kepada pemerintah provinsi Jambi yang telah membangun jalan disini. Karena sekian lama warga kelurahan Sabak Ilir dan Sabak Ulu menunggu akhirnya pembangunan jalan ini bisa terlaksana," ujarnya.

Ia berharap agar kualitas pembangunan sesuai dengan spesifikasi agar dapat bertahan lama mengingat jalan juga dilalui oleh truk dengan tonase yang besar.

"Harapan kami kelurahan Sabak Ilir agar mutu pembangunan yang baik agar jalan tetap awet," tutupnya.


Penulis: Pratiwi Resti Amalia
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments