Kamis, 26 Mei 2022

Pangdam Sriwijaya akan Pimpin Upacara Pemakaman Prajurit TNI Asal Jambi yang Gugur di Papua

Jumat, 28 Januari 2022 | 07:17:06 WIB


Jenazah tiga orang prajurit yang gugur dalam baku tak dengan KSB di Gome, Kabupaten Puncak, Kamis (27/1/2022) dievakuasi ke Timika
Jenazah tiga orang prajurit yang gugur dalam baku tak dengan KSB di Gome, Kabupaten Puncak, Kamis (27/1/2022) dievakuasi ke Timika / ANTARA/HO-Korem 173/PVB

 JAKARTA - TNI Angkatan Darat berduka atas gugurnya tiga prajurit dari Satuan Tugas (Satgas) Kodim Yonif Raider 408/Suhbrastha setelah baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Desa Tigilobak, Distrik Gome, Puncak, Papua, Kamis (27/1/2022).

"Pimpinan dan seluruh prajurit serta keluarga besar TNI AD menyampaikan rasa duka yang mendalam atas gugurnya tiga prajurit dari Satgas Kodim YR 408/Sbh," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya di Jakarta.

Ia menyampaikan tiga jenazah prajurit yang gugur itu, yaitu Serda M. Rizal Maulana Arifin, Pratu Tuppal Halomoan Baresa, dan Pratu Rahman Tomilawa, akan dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing.

Rencananya upacara pemakaman akan dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI AD (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon.

"Sebagai wujud penghormatan dan rasa cintanya kepada prajuritnya yang gugur, direncanakan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurachman akan memimpin langsung upacara pemakaman Serda M. Rizal Maulana Arifin di Bandung," kata Tatang.

Ia menambahkan Pangdam II/Sriwijaya akan memimpin upacara pemakaman Pratu Tuppal Halomoan Baresa di Jambi, sedangkan Pangdam XVI/Pattimura dijadwalkan memimpin upacara pemakaman Pratu Rahman Tomilawa di Maluku Tengah.

Baku tembak antara prajurit TNI AD dan KKB terjadi sekitar pukul 04.30 WIT. Kelompok kriminal bersenjata itu menyerang Pos Koramil Gome sehingga tiga prajurit gugur dan satu prajurit dalam kondisi kritis akibat kena tembak.

"Satu prajurit lagi mengalami luka tembak atas nama Pratu Syaiful," sebut Kadispenad dalam siaran yang sama.

Pratu Syaiful saat ini masih dirawat di Puskesmas Ilaga. Dia telah didampingi oleh tim evakuasi.

"Saat ini, Satuan Kewilayahan (Kodam XVII/Cendrawasih) masih melakukan pengurusan jenazah dan memberi perawatan terhadap korban luka tembak," kata Tatang.

Dikatakan pula bahwa jenazah Serda M. Rizal Maulana Arifin diterbangkan ke kediaman keluarga di Bandung, Jawa Barat. Sementara itu, jenazah Pratu Tuppal dan Pratu Rahman akan diterbangkan ke kediaman masing-masing di Jambi dan Maluku Tengah, Jumat (28/1/2022).


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments