Kamis, 26 Mei 2022

Pemkot Jambi Latih 10.000 Calon Pelaku Usaha Digital

Jumat, 28 Januari 2022 | 21:02:01 WIB


Wali Kota Jambi, Syarif Fasha saat membuka pelatihan digital untuk para pedagang UMKM Jambi
Wali Kota Jambi, Syarif Fasha saat membuka pelatihan digital untuk para pedagang UMKM Jambi / Antara/HO

 JAMBI - Pemerintah Kota Jambi bersama Kemenkominfo mulai memberikan pelatihan kepada 10.000 pelaku usaha melalui program usaha Digital Entrepreneur Academy (DEA) pengelolaan keuangan digital (Fintech).

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan, kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan digital ini diprakarsai oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk memberikan pelatihan bagi 10.000 pelaku usaha digital yang akan dicetak di Kota Jambi .

"Hari ini ada 10.000 calon pelaku usaha digital dan kami juga menghadirkan jasa perbankan yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai salah satu pembiayaan yang sudah bergerak di bidang digital," kata Fasha saat membuka pelatihan, Jumat (28/1/2022).

Nantinya melalui pelatihan ini diharapkan akan muncul pelaku usaha digital atau startup lokal maupun nasional yang berasal dari Kota Jambi.

"Kami dari Pemkot Jambi mengucapkan terimakasih kepada Kominfo, BRI, serta perguruan tinggi yang sudah mengumpulkan mahasiswanya untuk kegiatan ini," katanya.

Fasha juga mengatakan, di masa pandemi tidak dipungkiri sudah terjadi pergeseran pola kehidupan masyarakat, dimana penggunaan digital semakin tinggi dan diminati dan hal ini juga terjadi pada pola pengembangan usaha bagi UMKM di Kota Jambi.

Wali Kota Jambi mengakui bahwa saat ini pelaku UMKM di Kota Jambi sudah bergeser menggunakan digital untuk pengembangan usaha dan hampir semua UMKM di Kota Jambi, kecuali pedagang kaki lima itu semua sudah menggunakan pemasaran online.

"Pemkot Jambi juga memberikan dukungan melalui berbagai aplikasi yang sudah disediakan untuk para pedagang," katanya.

Wali Kota juga menegaskan, UMKM harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri, hal ini mengingat bahwa UMKM menjadi penyokong perekonomian negeri di masa pandemi.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments