Minggu, 26 Juni 2022

Warga Kerinci dan Sungaipenuh Diminta Waspada Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

Kamis, 03 Februari 2022 | 12:00:47 WIB


Banjir di Kabupaten Kerinci beberapa waktu lalu
Banjir di Kabupaten Kerinci beberapa waktu lalu / dok/metrojambi.com

SUNGAIPENUH - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Depati Parbo Kerinci meminta kepada masyarakat Kerinci dan Kota Sungaipenuh untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada sore hingga malam hari.

Kepala BMKG Stasiun Depati Parbo Kerinci Kurnia Ningsih mengatakan, berdasarkan analisis yang dilakukan, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini akan terjadi hingga sepekan ke depan.

Menurutnya, potensi hujan ini akan terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh, namun yang perlu peningkatan kewaspada yakni wilayah yang berpotensi terjadinya longsor seperti diperbatasan Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Merangin, serta diperbatasan Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Pesisir Selatan.

“Antisipasi yang perlu dilakukan masyarakat yakni tidak membuang sampah sembarangan, kemudian menjaga kebersihan lingkungan dengan memperbaiki drainase yang rusak, sehingga ketika hujan lebat terjadi, air bisa mengalir dengan lancar dan tidak terjadi banjir,” ungkap Kurnia Ningsih, Kamis (3/2/2022).

Ia menyebutkan, musim penghujan di wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh diprediksi akan terjadi hingga April mendatang.

Siklus puncak curah hujan sebanyak dua kali, yakni untuk puncak hujan pertama telah terjadi pada November 2021 lalu, sedangkan siklus puncak musim hujan kedua akan terjadi pada Februari hingga Maret mendatang.

“Himbauan kami agar warga terus mewaspadai kondisi cuaca yang sewaktu-waktu dapat berubah,” katanya.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments