Rabu, 7 Desember 2022

Sekda Tanjab Barat Hadiri Rakor Pemanfaatan Produk dalam Negeri

Rabu, 19 Januari 2022 | 22:51:33 WIB


/ Istimewa

JAMBI – Mewakili Bupati Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Ir. H. Agus Sanusi, M. Si menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pemanfaatan Produk dalam Negeri dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia pada Provinsi Jambi, Rabu (19/01).

Rakor yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi ini turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Menteri Perhubungan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Wakil Menteri Perdagangan, Ketua LKPP dan Bupati/Walikota se Provinsi Jambi atau yang mewakili serta undangan lainnya.

Dalam rakor tersebut Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S,Sos, MH menyampaikan atas nama Pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan terimakasih dan apresiasi terhadap kesediaan dan dukungan Pemerintah Pusat dalam menyelenggarakan program Gernas BBI Tahun 2022 di Provinsi Jambi.

“Ini merupakan langkah awal yang baik bagi Provinsi Jambi khususnya para UMKM daerah kita untuk lebih mempromosikan produk-produk daerah dan bersaing dengan daerah lainnya di pasar Nasional bahkan Internasional”ujar Gubernur.

Sementara itu Menko Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa rakor ini bertujuan untuk menyamakan persepsi bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia karena menyangkut lapangan pekerjaan yang begitu banyak di Indonesia khususnya di Provinsi Jambi. Peran dari e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa pemerintah (LKPP) menjadi sangat penting karena ada pengelolaan dana lebih kurang Rp.1.106 triliun per tahun.

“Kita menginginkan barang-barang yang dibuat oleh daerah masuk kedalam e-katalog daerah, untuk mengenai teknisnya akan kita selesaikan dalam satu bulan kedepan ini,” Ujar Menko Marves.

Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan Rakor Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Candi Muaro Jambi sebagai Destinasi Wisata Unggulan.

Ditemui Usai Rakor, Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi M.Si dalam wawancaranya menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan Rakor yang telah diadakan hari ini terkait pemanfaatan produk dalam negeri serta pengembangan Kawasan Cagar Budaya Candi Muaro Jambi dan mendukung rencana tindak lanjut bagi Pemerintah Provinsi Jambi yang telah disepakati dalam Rakor tersebut.


Penulis: Eko Siswono
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments