Jumat, 3 Februari 2023

Kapal Bermuatan Kelapa Tujuan Batam Hilang Kontak di Perairan Tanjab Timur

Jumat, 11 Maret 2022 | 15:00:58 WIB


Tim SAR melakukan breefing terkait pencarian kapal yang hilang kontak di perairan Tanjab Timur
Tim SAR melakukan breefing terkait pencarian kapal yang hilang kontak di perairan Tanjab Timur / Metrojambi.com/Basarnas Jambi

JAMBI - Tim SAR saat ini tengah melakukan pencarian terhadap Kapal Motor Sumber Daya yang hilang kontak di kawasan perairan Pulau Berhala, Kabupaten Tanjab Timur.

Data yang diperoleh dari Basarnas Jambi, kapal yang bermuatan kelapa itu hilang kontak saat dalam perjalanan dari Nipah Panjang, Kabupaten Tanjab Timur menuju Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Kamis (10/3) malam sekira pukul 22.45 WIB, komunikasi Kantor Basarnas Jambi menerima info dari pemilik kapal bahwa KM Sumber Daya telah hilang kontak. Disebutkan jika kapal dinakhodai oleh Tiar, dengan anak buah kapal (ABK) bernama Aloy dan Pendek.

Adapun krolonogis kejadian sekira pukul 09.00 WIB, Kamis (10/3), nakhoda menelepon pemilik kapal mengabarkan telah terjadi badai dalam perjalanan mereka. Kemudian pukul 09.15 WIB komunikasi handphone terputus, dan KM Sumber Daya hilang kontak hingga saat ini.

Setelah mendapatkan informasi, Basarnas Jambi langsung memberangkatkan Kapal KN SAR 414 menuju lokaso kejadian untuk melakukan pencarian.

Hingga berita ini diturunkan, tim Basarnas Jambi masih dalam perjalanan. Dan akan langsung berkoordinasi dengan Polairud, agen lapal, TNI AL, Pelabuhan Nipah Panjang, dan persatuan nelayan.



Sementara itu, Camat Nipah Panjang Helmi saat dikonfirmasi membenarkan adanya informasi tersebut. Namun Helmi belum bisa memastikan apakah ada awak kapal yang berasal dari Nipah Panjang.

"Iya, infonya begitu. Tetapi lokasinya sudah dekat ke perairan Pulau Berhala. Untuk awak kapal, apakah warga kita atau bukan belum bisa dipastikan. Kita juga masih menunggu infornasi lebih lanjut," kata Helmi.


Penulis: Nanang Suratno/Ikbal
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments