Selasa, 9 Agustus 2022

Polda Jambi Tahan Direktur PT BMS Terkait Kasus Minyak Ilegal

Selasa, 19 April 2022 | 17:15:03 WIB


Direktur Reskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Christian Tory saat memberikan keterangan pers, Selasa (19/4)
Direktur Reskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Christian Tory saat memberikan keterangan pers, Selasa (19/4) / Metrojambi.com

 JAMBI - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jambi pada Minggu (17/4) malam mengamankan empat mobil tangki saat memindahkan minyak diduga ilegal ke kapal Tugboat LL Lisnawati di kawasan Talangduku, Kabupaten Muarojambi.

Direktur Reskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Christian Tory mengatakan, terkait kasus ini pihaknya telah menetapkan lima orang tersangka. Salah satunya berinisial SM, Direktur PT Bunga Mandiri Sejahtera (BSM) selaku pihak transportir.

Adapun empat tersangka lainnya berinisial JVM, RK, ES, dan JS, yang merupakan sopir truk tangki yang diamankan saat memindahkan minyak ke tugboat.



Sementara itu untuk nakhoda kapal dan anak buah kapal (ABK), saat ini masih dalam proses pemeriksaan.

"Tersangka kita tahan. Sementara kapal kita sita dan amankan di mako Polairud untuk keamanan. Kita masih menyelidiki kasus ini," kata Christian, Selasa (19/4).

Ditambahkan Christian, terkait minyak yang diamankan tersebut, pihaknya masih melakukan proses penyelidikan apakah minyak tersebut akan dijual kembali atau akan digunakan untuk operasional kapal.

"Kita masih melakukan pendalaman terkait dokumen-dokumen dari pihak transportir. Kita akan telurusi," ujarnya.

Ia menyampaikan, total minyak yang diamankan sementara berdasarkan hasil pengakuan dari para pelaku untuk yang dikapal sendiri sebanyak 25 ton. Kemudian yang di mobil truk sebanyak 20 ton.

"Kalau informasi awal yang kami dapat itu ada 50 ton," tandasnya.


Penulis: Ichsan
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments