Selasa, 24 Mei 2022

Dirlantas Polda Jambi Minta Permen ESDM Terkait Angkutan Batubara Dilaksanakan

Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:26:12 WIB


Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi
Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi /

 JAMBI - Menindaklanjuti Surat Edaran Dirjen Pertambangan Kementerian ESDM terkait angkutan batubara, Kepolisian Daerah Jambi bersama pemerintah daerah dan stakeholder terkait lainnya telah menggelar rapat koordinasi, Jumat (13/5).

"Kita dari Polda Jambi dan stakehoder terkait lainnya telah melakukan sosialisasi dan berbuat terkait angkutan batubara," kata Direktur Lalu Lintas Polda Jambi Komes Pol Dhafi, Sabtu (14/5).

Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi, memang dibutuhkan jalur khusus untuk angkutan batubara. Pasalnya, masih banyak kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan batubara.

Ditambahkan Dhafi, pihaknya meminta agar Dirjen Pertambangan melalui Inspektoratnya segera melaksanakan aturan sesuai Permen ESDM No. 7 tahun 2020, khususnya dalam hal manajemen pengendalian operasional angkutan batubara.

"Dimana angkutan batubara harus terafiliasi dengan perusahaan pemegang IUP, dan menjadi tanggung jawab perusahaan pemegang IUP sehingga bisa menentukan jam operasional, batas maksimum muatan dan ketertiban di jalan raya," kata Dhafi.

Selanjutnya, pelanggaran yang dilakukan oleh truk angkutan batubara akan dijatuhkan sanksi kepada pemegang IUP berupa penghentian sementara waktu operasi produksi, sampai pencabutan izin, seperti yang tertuang dalam Permen ESDM tersebut.

"Truk atau angkutan batubara yang belum memasang nomor lambung (yang dikeluarkan oleh Dishub) tidak boleh beroperasi per tanggal 20 Mei 2022," tegas Dhafi.

Tidak hanya itu, Dhafi menyampaikan aturan terkait pemeliharaan jalan juga bagian tanggung jawab pemegang IUP yang selalu berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Jambi dan Balai Pemeliharaan Jalan Nasional, khusus jalan yang di lintasi angkutan batubara (sesuai Surat Keputusan Menteri ESDM tahun 2018 tentang kaidah pelaksanaan pertambangan yang baik).

"Kita berharap semoga kedepannya lalu lintas di Provinsi Jambi bisa lebih baik dengan tertatanya angkutan batubara," pungkasnya.


Penulis: fdy
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments