Senin, 26 September 2022

Warga Kerinci Diingatkan untuk Waspadai Hepatitis Akut

Kamis, 12 Mei 2022 | 07:19:17 WIB


Hermendizal
Hermendizal /

 KERINCI - Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman penyebaran virus hepatitis akut yang menyerang anak-anak. Meski, hingga kini belum ada kasus yang ditemukan di Kabupaten Kerinci.

“Alhamdulillah, sampai hari ini belum ada,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Hermendizal, Kamis (12/5).

Namun demikian, masyarakat diminta waspada dan tetap tenang. Sembari melakukan upaya pencegahan, yakni dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Penerapan PHBS itu diantaranya rajin mencuci tangan, minum air bersih dan matang, memastikan makanan yang dikonsumsi bersih, memakai masker dan menjaga jarak, serta menggunakan alat makan sendiri.

"Intinya selalu menjaga kebersihan. Baik itu dari segi pola makanan maupun lingkungan,” imbuhnya.

Pihaknya juga mengingatkan fasilitas kesehatan di Kerinci agar turut meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pemantauan serta sosialisasi ke masyarakat sekitar.

“Sejauh ini upaya yang kami lakukan antara lain mengingatkan masyarakat terkait bahaya penyakit ini,” tambahnya.

Ia berpesan jika anak memiliki gejala kuning, sakit perut, muntah-muntah dan diare mendadak, buang air kecil berwarna teh tua, buang air besar berwarna pucat, kejang, dan penurunan kesadaran, agar segera memeriksakan anak ke rumah sakit terdekat.

"Berbeda dengan hepatitis umumnya, kasus hepatitis akut ini menyerang anak usia 16 tahun ke bawah. Jadi kalau timbul gejala seperti itu langsung ditangani,” tutupnya.


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments