Rabu, 28 September 2022

Pemkab Kerinci Raih WTP ke Delapan dari BPK RI Perwakilan Jambi

Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:59:10 WIB


/ ist

 KERINCI - Pemerintah Kabupaten Kerinci di bawah kepemimpinan Bupati Adirozal dan Wakil Bupati Ami Taher kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jambi yang kedelapan kalinya atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) keuangan daerah tahun 2021.

WTP ke-8 ini diserahkan langsung Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi Rio Tirta, kepada Bupati Kabupaten Kerinci Adirozal yang didampingi Ketua DPRD Edminuddin, di Aula pertemuan kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Jambi, Jumat (13/05/2022).

Atas keberhasilan tersebut, Adirozal mengucapkan rasa syukur dan terimakasih kepada DPRD Kapupaten Kerinci dan seluruh Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) atas kerjasama yang baik selama ini.

“Izinkan saya atas nama Bupati Kerinci bersama seluruh jajaran mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada kepada BPK Perwakilan Jambi beserta seluruh jajaran yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kerinci dengan memberikan opini WTP ke 8. Terima kasih. Kami sangat bangga dengan bisa dipertanggungjawabkan anggaran,” katanya.

Menurutnya, BPK Perwakilan Jambi sangat baik dan cermat dalam menjalankan fungsinya, bukan hanya memeriksa laporan keuangan pemerintah daerah. Tapi juga memeriksa kinerja efektivitas tata kelola pemerintah daerah dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan daerah.

“Namun kami menyadari tentu masih terdapat kekurangan dalam melaksanakan pengelolaan keuangan daerah. Namun kami yakin tahun depan akan diperbaiki,” ujarnya.

Bahkan Bupati juga minta maaf jika ada ketidaknyaman pada saat melakukan audit di Kerinci Mulai sejak pemeriksaan materi hingga pemeriksaan terperinci. “Tentunya pasti ada kekurangan di sana sini dalam melaksanakan tugas, semoga harap dimaklumi. Kami akan berupaya semaksimal mungkin dalam pelaksanaan pembangunan, dan Pemerintah berusaha melaksanakan anggaran dengan baik termasuk penanganan wabah pandemi Covid 19 dengan mengalokasikan anggaran untuk penanganan ke sosial dan masyarakat,” ucapnya.

Dijelaskan Bupati, keberhasilan Pemkab Kerinci meraih Opini WTP sudah sebanyak 8 kali berturut-turut, maka menjadi tantangan untuk mampu mengelola keuangan yang lebih baik lagi ke depan. Pemeriksaan bukanlah sekedar penilaian, dimana didalamnya ada unsur belajar untuk menjadi lebih baik. Opini WTP bukanlah akhir segala-galanya, kami harus masih berbenah untuk menjadi lebih baik.

“Mempertahankan lebih susah, dari pada mencapainya. Untuk itu pemerintah Kabupaten Kerinci akan tetap belajar, berusaha dan bekerja dengan semangat, agar opini WTP dapat dipertahankan,” tutupnya


Penulis: Dedi Aguspriadi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments