Rabu, 28 September 2022

Pemprov Jambi Dukung Peningkatan Pengabdian Gerakan Pramuka

Minggu, 15 Mei 2022 | 15:42:17 WIB


Gubernur Jambi Al Haris membuka Musyawarah Daerah Kwarda Gerakan Pramuka Jambi. Pemerintah Provinsi Jambi dukun program pengabdian Gerakan Pramuka Jambi
Gubernur Jambi Al Haris membuka Musyawarah Daerah Kwarda Gerakan Pramuka Jambi. Pemerintah Provinsi Jambi dukun program pengabdian Gerakan Pramuka Jambi / ANTARA/HO-Diskominfo Jambi

 JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris menegaskan Pemerintah Provinsi Jambi terus mendukung peningkatan pengabdian yang dilakukan oleh Gerakan Pramuka, khususnya di Jambi.

"Pemerintah Provinsi Jambi secara konsisten dan berkelanjutan akan terus melaksanakan peran dan fungsi sebagai Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Jambi sebagai amanah Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka guna memberikan bantuan dan bimbingan serta perhatian terhadap perkembangan Pendidikan Kepramukaan di Provinsi Jambi," kata Al Haris, Minggu (15/5).

Al Haris yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka (Kamabida) Jambi mengemukakan, gerakan pramuka menjadi garda terdepan pembentukan karakter generasi muda. Terutama dalam pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup.

Menurut Al Haris pendidikan kepramukaan merupakan jalur pendidikan non formal yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai gerakan pramuka dalam pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia.

Pemerintah Provinsi Jambi dalam kaitannya sebagai Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka bersama Forkompinda Provinsi Jambi telah memberikan perhatian dan bantuan yang cukup besar bagi perkembangan Gerakan Pramuka di Provinsi Jambi baik secara moril, materi, termasuk anggaran. Besarnya perhatian yang diberikan tentu berdampak positif pula bagi terlaksananya program dan kegiatan Kepramukaan Kwartir Daerah Jambi dan Kwartir Cabang dalam jajaran Kwarda Jambi.

"Daya dukung yang penuh itu juga dapat terlihat dari aktifnya Kwarda Jambi dalam melaksanakan kiprah di tengah masyarakat, termasuk membantu program pemerintah Provinsi Jambi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan pendidikan non-formal di lingkungan Gerakan Pramuka," kata Al Haris.

Sementara itu Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) di Hotel Sang Ratu Jambi yang dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 13-15 Mei dengan mengangkat tema 'Mengabdi tanpa batas untuk membentuk karakter generasi muda Jambi yang simpatik'.

"Saya mengharapkan pengurus dapat memberikan dampak positif bagi pengurus Kwarda Gerakan Pramuka Jambi dalam melaksanakan program kerja, baik yang bersifat rutin maupun yang bersifat partisipasi skala regional, nasional dan internasional," kata Al Haris.

Lebih lanjut Al Haris menjelaskan, Musda tahun 2022 sebagai sarana evaluasi pelaksanaan program dan penyusunan langkah-langkah strategis organisasi, penyusunan program unggulan yang sejalan dengan program pemerintah dan kegiatan yang berdampak besar bagi masyarakat luas.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jambi Sudirman menjelaskan perjalanan masa bakti kepengurusan Kwarda Jambi yang telah melaksanakan amanah organisasi selama lima tahun berjalan dengan baik dan berhasil. Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan berjalan-nya kinerja organisasi, terselenggara-nya kegiatan yang telah menjadi program serta suksesnya Provinsi Jambi ketika ditunjuk sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan berskala Nasional.

Diantaranya kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) tahun 2018 dan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) tahun 2021.

"Pencapaian dan keberhasilan dalam menjalankan amanah organisasi tentu bukanlah hasil kerja seorang diri, melainkan atas hasil kerja bersama dengan seluruh pengurus dan jajaran dengan menerapkan prinsip organisasi yaitu kolektif dan kolegial," kata Sudirman.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments