Rabu, 28 September 2022

Minta Cabut Larangan Ekspor CPO, Apkasindo Gelar Aksi di Kantor Bupati Bungo

Selasa, 17 Mei 2022 | 17:07:40 WIB


/ Metrojambi.com

 MUARABUNGO - Puluhan massa dari Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Kantor Bungo menggelar aksi di depan Kantor Bupati Bungo, Selasa (17/5).

Kedatangan massa aksi tersebut merupakan gerakan nasional yang dilakukan oleh petani sawit menyikapi anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS) di Indonesia.

Dalam tuntutannya, Sekretaris Apkasindo Bungo, Joni Iskandar meminta kepada Presiden melalui Bupati Bungo untuk mencabut pelarangan ekspor CPO dan turunannya. Karena hal tersebut dinilai tidak berpihak kepada para petani sawit.

Selain itu, ia juga meminta Bupati Bungo memerintahkan dinas terkait untuk menindaklanjuti PKS yang menurunkan harga tanpa koordinasi dan dibawah standar.

"Kami minta Bupati mengirim surat kepada Presiden untuk menyampaikan tuntutan kami pada hari ini," ujarnya.

Ia berharap dengan aksi yang dilakukannya hari ini, mampu membawa perubahan untuk kesejahteraan petani sawit di Kabupaten Bungo.

Dikatakan Joni, bahwa harga sawit di Kabupaten Bungo sangat rendah di Bandingkan dengan wilayah lain. Sehingga kehadiran pihak pemerintah untuk mencari solusi sangat dibutuhkan oleh para petani.

"Di wilayah lain harga TBS sudah di atas angka Rp 2.000. Sementara di Kabupaten Bungo masih banyak PKS yang mengambil di bawah Rp 2.000," tutur Joni Iskandar.

Sementara itu, Asisten II Setda Bungo, Saiful Azhar saat menyambut kedatanganassa aksi menyebut pemerintah Kabupaten Bungo mendukung aksi yang dilakukan oleh Apkasindo tersebut.

Apapun yang menjadi tuntutan pendemo, akan segera pemerintah tindaklanjuti untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Apkasindo ini, dalam waktu dekat kita akan segera menyurati para PKS dan Presiden," kata Saiful Azhar.


Penulis: Khairul Fahmi
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments