Selasa, 28 Juni 2022

Angkutan Batubara Nopol Luar Jambi Dilarang Beroperasi

Rabu, 18 Mei 2022 | 14:31:32 WIB


Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi
Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi /

 JAMBI - Gubernur Jambi telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1165/Dishub-3.1/V/2022 tanggal 17 Mei 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor untuk kegiatan pengangkutan mineral dan batubara di Provinsi Jambi.

Salah satu poin dalam edaran tersebut yakni badan usaha pemegang IUP dan pengusaha angkutan atau transportir yang memiliki kendaraan yang ber TNKB luar Provinsi Jambi wajib dimutasikan ke wilayah Provinsi Jambi sebagaimana tertuang dalam peraturan Gubernur Jambi Nomor 16 Tahun 2012 Pasal 4 Ayat 9.

Terkait hal ini, Direktur Lalu Lintas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi menyampaikan bahwa untuk tahap awal, pihak perusahaan harus merekrut terlebih dahulu angkutan plat nopol Jambi.

"Kalau dia bernopol luar jambi berarti harus dimutasikan. Ini saringan awalnya bukan dari pihak kepolisian, tapi adalah perusahaan pemegang IUP," kata Dhafi, Rabu (18/5).

"Itukan ada aturannya untuk kendaraan luar daerah, ada wajib lapor, ada wajib dimutasikan, yang jelas tidak boleh beroperasional," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Dhafi menegaskan jika Surat Edaran Gubernur Jambi itu tidak diindahkan, maka pihaknya akan mengambil tindakan tegas.

"Tidak boleh beroperasional, dikembalikan ke daerahnya. Tapi tahap awal harus melalui rekrutnya dari perusahaan yang memiliki izin tambang," tandasnya. 


Penulis: Ichsan
Editor: Ikbal Ferdiyal


TAGS:


comments