Rabu, 29 Juni 2022

Tim KPK ke Jambi, Zola Khawatir Dengan Pengelolaan Dana Desa

Senin, 20 November 2017 | 16:20:19 WIB


Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli menyampaikan sambutan
Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli menyampaikan sambutan / Sharly Apriyanti

JAMBI-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melakukan kerja sama terkait pemberantasan korupsi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kerja sama dituangkan dalam rapat dan supervisi bersama untuk pencegahan  dan penindakan korupsi terintegrasi.

Agenda rapat koordinasi dan supervisi "Pencegahan dan Penindakan Korupsi Terintegrasi" tersebut digelar di Aula Rumah Dinas gubernur , senin (20/11).

Dalam sambutannya, Zola mengatakan, dalam menjalankan roda pemerintahan diperlukan keseriusan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan atas perencanaan itu sendiri serta dapat dipertanggungjawabkan, terlebih pada era keterbukaan arus informasi saat ini.

"Keterbukaan ini jugalah yang menuntut komitmen dan sikap mentalitas aparatur yang sangat menentukan berhasil tidaknya pembangunan. Komitmen para pengambil kebijakan dan mentalitas aparatur yang baik merupakan jaminan keberhasilan pembangunan yang tentunya tetap berlandaskan pada peraturan perundangundangan yang berlaku," katanya.

Dilanjutkan Zola, untuk mewujudkan penyelenggaran pemerintahan yang baik dan terbuka kita harus harus bekerja secara profesional, proporsional, akuntabel, tertib dalam penyelenggaraan pemerintahan di setiap tingkatannya serta mengedepankan kepentingan masyarakat.

Zola juga mengingatkan agar dalam melaksanakan pembangunan, dengan berbagai sumber pendanaan, baik yang
bersumber dari dana APBD, APBN maupun dana lainnya seperti dana CSR secara baik, transparan dan akuntabel.

Selanjutnya segera optimalkan fungsi Aparat Pengawas lntemal Pemerintah (APIP) untuk mengidentitikasi berbagai persoalan, meminimalisir risiko, dan penyebab kecurangan dalam tata kelola APBD sehingga dapat menurunkan potensi tingkat korupsi.

"Saya sangat mengkhawatirkan pengelolaan dana desa. Untuk itu saya berharap kepada seluruh bupati dan walikota untuk terus memberikan penguatan kepada kepala desa terutama penanggungjawaan atas pelaksanaan pembangunan desa dengan menggunakan berbagai sumber dana," katanya.


Penulis: Sharly Apriyanti
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments