Jumat, 3 Februari 2023

Gubernur Jambi Ingatkan Kabupaten/Kota Waspada Karhutla

Kamis, 19 Mei 2022 | 08:24:03 WIB


Satgas Karhutla melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jambi. Gubernur Jambi memperingatkan Pemerintah Daerah untuk waspada terhadap Karhutla
Satgas Karhutla melakukan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di wilayah Jambi. Gubernur Jambi memperingatkan Pemerintah Daerah untuk waspada terhadap Karhutla / Antara/HO/Satgas Karhutla Jambi

 JAMBI - Gubernur Jambi Al Haris memperingatkan Pemerintah kabupaten dan kota di provinsi itu untuk mewaspadai kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menyusul adanya peralihan musim hujan ke kemarau.

"Jambi termasuk daerah rawan Karhutla, maka dari itu kepada Pemda agar dapat lebih waspada," kata Al Haris, Kamis (19/5).

Saat ini di wilayah Jambi dalam peralihan musim, yakni dari musim hujan ke musim kemarau. Maka dari itu daerah yang rawan Karhutla perlu mewaspadai terjadinya Karhutla.

Al Haris menjelaskan pekan lalu terdapat lima hektare lahan terbakar di Desa Londerang, Kabupaten Muarojambi. Beruntung petugas gabungan dapat memadamkan api, sehingga kebakaran hutan dan lahan tidak meluas ke lahan lainnya.

Al Haris meminta kebakaran hutan dan lahan di Desa Londerang tersebut menjadi peringatan bagi daerah-daerah yang rawan Karhutla. Terutama daerah yang memiliki lahan gambut seperti di Kabupaten Muarojambi, Tanjungjabung Timur dan Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Selain itu, saat ini dua kabupaten di Provinsi Jambi sudah menetapkan status siaga darurat Karhutla, yakni Kabupaten Muarojambi dan Kabupaten Tanjungjabung Timur. Namun untuk penetapan status siaga darurat Karhutla Provinsi Jambi masih belum ditetapkan.

"Kita masih melihat situasi dan kondisi, harapannya tidak terjadi peningkatan kasus Karhutla ini," kata Al Haris.

Al Haris menegaskan jika terjadi peningkatan terhadap kasus Karhutla tersebut, maka Pemerintah Provinsi Jambi akan menetapkan status siaga darurat Karhutla dengan tujuan agar dapat dilakukan tindakan pemadaman dengan lebih efektif dan efisien.

Selain itu Gubernur Jambi menghimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar. Serta turut membantu pemerintah meninjau dan mengawasi perusahaan-perusahaan nakal yang mencoba membuka lahan dengan cara membakar.


Penulis:
Editor: Ikbal Ferdiyal
Sumber: Antara

TAGS:


comments