Rabu, 29 Juni 2022

Kabar Terkini Pandemi Covid-19 di Seluruh Dunia

Rabu, 05 Januari 2022 | 16:33:36 WIB


ilustrasi
ilustrasi / istimewa

JAKARTA - Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi Covid-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Beberapa kota di bagian tengah China menerapkan beragam pembatasan COVID-19 menyusul kasus-kasus sporadis, jelang digelarnya Olimpiade Musim Dingin dan liburan Tahun Baru Imlek. Kota Yuzhou telah memerintahkan 1,1 juta penduduknya untuk tidak meninggalkan kota sejak 2 Januari.

* India melaporkan 58.097 kasus baru, bertambah dua kali lipat hanya dalam empat hari. Pemerintah ibu kota New Delhi dan pusat teknologi Bengaluru memerintahkan warga untuk diam di rumah hingga akhir pekan.

* Okinawa, Jepang, mencatat kasus lebih dari dua kali lipat pada Rabu dibandingkan hari sebelumnya ketika pejabat mempertimbangkan untuk menerapkan langkah-langkah darurat untuk mengendalikannya.

* Kasus harian di Australia mencatat rekor tertinggi untuk ketiga kalinya secara berturut-turut pada Rabu, yang membebani rumah sakit dan fasilitas pengujian ketika kegeraman masyarakat meningkat terhadap penanganan wabah Omicron.

Timur Tengah dan Afrika

* Infeksi virus corona tengah melonjak di sejumlah negara Teluk Arab, di mana jumlah kasus meningkat lebih dari dua kali lipat di Arab Saudi dalam dua hari terakhir menjadi 2.500 lebih dan menembus angka 1.000 di Qatar dan Kuwait.

Amerika

* Angka 1 juta kasus baru di AS yang mencatat rekor global menandai peningkatan dua kali lipat dari puncak sebelumnya yang dilaporkan sepekan lalu.

* Pemerintah Biden menggandakan pesanan obat oral antivirus COVID-19 buatan Pfizer, kata perusahaan itu dan Gedung Putih pada Selasa.

* Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan orang-orang yang ingin mengakhiri isolasi COVID-19 di hari kelima dapat melakukan tes cepat antigen, tapi bukan keharusan.

* BlackRock Inc dan American Express melanjutkan skema bekerja secara hibrida ketika varian Omicron menyebar ke seluruh AS.

* Lima kapal pesiar di perairan Brazil melaporkan 214 kasus di kalangan kru dan penumpang. Dua dari kapal-kapal itu dikarantina di pelabuhan Santos.

Eropa

* Otoritas kesehatan Prancis mengatakan pada Selasa mereka mencatat 271.686 kasus baru, angka tertinggi selama pandemi, yang membuat Prancis menjadi negara paling terdampak COVID di Eropa.

* Yunani melaporkan 50.126 kasus baru, memecahkan rekor 40.560 kasus harian sebelumnya yang tercatat pada 31 Desember.

* Raja Swedia Carl XVI Gustaf and Ratu Silvia positif terjangkit COVID-19, kata pihak istana dalam pernyataan pada Selasa.

* Jerman perlu memberikan suntikan penguat (booster) kepada 15 juta orang lagi untuk memperlambat penyebaran varian Omicron dan menghindari tekanan pada kapasitas unit perawatan intensif, kata menteri kesehatannya.

Perkembangan Medis

* Otoritas kesehatan AS sedang mempertimbangkan peran tes COVID-19 sebagai bagian dari pedoman baru untuk memperpendek masa karantina pasien tanpa gejala. Rincian tentang hal itu akan dirilis dalam beberapa hari.


Penulis: Antara
Editor: Ikbal Ferdiyal



comments